PENGARUH PROFITABILITAS DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP BEBAN PAJAK PENGHASILAN BADAN TERUTANG PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN ECERAN YANG TERDAFTAR DI BEI (PERIODE 2013-2017)

Muchammad Alfi Firdiansyah, Ernadhi Sudarmanto, Haqi Fadillah

Abstract


Muchammad Alfi Firdiansyah. 022114058. Pengaruh Profitabilitas dan Biaya Operasional Terhadap Beban Pajak Penghasilan Badan Terutang Pada Perusahaan Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Dibawah bimbingan : Ernadhi  Sudarmanto, AK., MM., MAK., CFE., CFRA., CA.,QIA dan Haqi Fadillah, SE., M.Ak. 2018.

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap beban pajak penghasilan badan terutang pada perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2013-2017, (2) untuk mengetahui pengaruh biaya operasional terhadap beban pajak penghasilan badan terutang pada perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2013-2017, (3) untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan biaya operasional terhadap beban pajak penghasilan badan  terutang pada perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2013-2017.

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2013-2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 8 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan yang digunakan adalan penelitian verifikatif dengan metode explanatory survey mengenai pengaruh antara profitabilitas dan biaya operasional terhadap beban pajak penghasilan badan. Unit analisis yang diteliti adalah organization dengan jenis data kuantitatif yang bersumber dari data sekunder. Metode analisis data yang dilakukan dengan menggunakan spss versi 23 dengan menggunakan uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini secara simultan dihasilkan bahwa profitabilitas dan biaya operasional berpengaruh porsitif terhadap beban pajak penghasilan badan terutang. Sedangkan hasil penelitian secara parsial operating profit ratio berpengaruh positif terhadap beban pajak penghasilan badan terutang. Dan biaya operasional berpengaruh positif terhadap beban pajak penghasilan badan terutang.

Kata Kunci :profitabilitas, biaya operasional dan beban pajak penghasilan badan terutang.


Full Text:

PDF

References


Arief Sugiyono & Untung (2016), Manajemen Keuangan Untuk Praktisi Keuangan, Jakarta, PT.Grasindo.

Asri Anggun Salamah, Maria Goretti Wi Endang, Nirowati Pamungkas dan Kumara Yogi. (2016). Pengaruh Profitabilitas Dan Biaya Operasional Terhadap Pajak Penghasilan Badan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014), Jurnal, Fakultas Ekonomi, Universitas Brawijaya.

Bustomi dan Cindy Chalik (2017), Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Beban Pajak Penghasilan Badan (Survei Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2015), Jurnal, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Maharanatha.

Chairul Anam dan Lustyna Reimsa Zuardi (2018), Analisis Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas dan Biaya Operasional Terhadap Pajak Penghasilan Badan Terutang (Sektor Pertambangan di BEI Tahun 2011-2016), Jurnal, Fakultas Ekonomi, STIE Al-Anwar.

Crysanti Augustine, Eveline (2017), Pengaruh Pendapatan Dan Biaya Operasional Terhadap Pajak Penghasilan Badan Pada Perusahaan Manufaktur Agribisnis Pada Tahun 2010-2015), Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya.

Direktorat Jenderal Pajak. 2013. Undang-undang Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan.

Direktorat Jenderal Pajak. 2008. Ketentuan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 255/KMK/2008 tentang Pajak Penghasilan

Indri Atina, Fadjar Harimurti dan Djoko Kristanto (2017), Pengaruh Profitabilitas dan Biaya Operasional Terhadap Pajak Penghasilan Badan (Pada Perusahaan Makanan dan Minuman di BEI Periode 2013-2015), Jurnal, Fakultas Ekonomi, Universitas Slamet Riyadi.

Irawati Susan (2006), Manajemen Keuangan, Bandung, Penerbit Pustaka.

Jusuf Jopie (2009), Analisis Kredit untuk Accont Officer, Bandung, Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Kasmir (2011), Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Jakarta, Penerbit Rajagrafindo Persada.

Kasmir (2012), Analisis Laporan Keuangan, Edisi Kedua, Jakarta, Penerbit Rajagrafindo Persada.

Kusumadewi Novia (2008), Analisis Pengaruh Penjualan Bersih Dan Beban Komersial Terhadap Pajak Penghasilan Terutang (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Sahamnya Terdaftar di Bursa Efek Indonesia), Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

M Hanafi, Mahmud (2010), Manajemen Keuangan, Edisi Pertama, Yogyakarta, Penerbit BPFE.

Mardiasmo (2016), Perpajakan, Yogyakarta, Penerbit ANDI.

Margharetha (2011), Teori dan Aplikasi Manajemen Keuangan Investasi dan Sumber Dana Jangka Pendek, Jakarta, Penerbit Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mulyadi (2014), Sistem Akuntansi, Cetakan Keempat, Jakarta, Penerbit Salemba Emapat.

Murhadi Werner (2013), Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham, Jakarta, Penerbit Salemba Empat

Nazir, Moch. (2011), Metode Penelitia, Bogor, Penerbit Ghalia Indonesia.

R.Argus Sartono (2010), Manajemen Keuangan dan Aplikasi, Edisi Keempat, Yogyakarta, Penerbit BPFE.

Resmi Siti (2009), Perpajakan Teori dan Kasus, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Resmi Siti (2012), Perpajakan Teori dan Kasus, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Suandy, Erly (2010), Perpajaka. Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Syafri Harahap, Sofyan (2013), Teori Akuntansi, Jakarta, Penerbit Rajawali Pers.

Sugiyono (2013), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung, Penerbit Alfabeta.

Sutrisno (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Jakarta, Penerbit Raja Grafindo Persada.

Syamsudin (2009), Manajemen Keuangan Perusahaan, Jakarta, Penerbit Raja Grafindo Persada

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan..

Wahyudiono, Bambang (2014), Memahami Laporan Keuangan, Jakarta, Penerbit Raih Asa Sukses.

Yovyta Neli Gustin (2017). Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Beban Pajak Penghasilan Badan Terutang (Pada Perusahaan Jasa yang Listing di BEI Pada Tahun 2013-2015), Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Andalas.

www.idx.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.