PENGARUH KOMPETENSI, INTEGRITAS, DAN MOTIVASI TERHADAP KUALITAS AUDIT (STUDI EMPIRIS PADA INSPEKTORAT KOTA BOGOR)

Muhammad Ilham, Wayan Rai Suarthana, Sigit Edi Surono

Abstract


Muhammad Ilham. 022114265. Pengaruh kompetensi, integritas, dan motivasi terhadap kualitas audit (studi empiris pada inspektorat kota Bogor). Dibawah bimbingan dari Wayan Rai Suarthana dan Sigit Edi surono. 2019.

Kualitas audit sangat penting bagi pemakai informasi karena dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengambil suatu keputusan. Dalam upaya meningkatkan dan menghasilkan kualitas audit yang baik, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi diantaranya adalah kompetensi, integritas dan motivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kualitas audit pada inspektorat kota Bogor. (2) Untuk mengetahui pengaruh integritas terhadap kualitas audit pada inspektorat kota Bogor. (3)Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kualitas audit pada inspektorat kota Bogor. (4) Untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh kompetensi, integritas, dan motivasi terhadap kualitas audit pada inspektorat kota Bogor.

Penelitian ini dilakukan pada kantor Inspektorat kota bogor. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah auditor sebanyak 18 responden. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Data diuji dengan menggunakan SPSS versi 23 dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Sebelum dilakukan uji regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu dan pengujian data digunakan uji validitas dan uji realibilitas.

Pengujian secara parsial dengan uji t mendapatkan hasil (1) kompetensi tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Hal ini disebabkan walaupun kebanyakan auditor berjenjang S1 dan terdapat auditor yang memiliki latar belakang pendidikan yang tidak berhubungan dengan kegiatan mengaudit. Namun pemerintah kota Bogor berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan anggaran pendaptan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2016 (2) integritas berpengaruh terhadap kualitas audit. Hal ini dapat dikatakan bahwa auditor yang memiliki tingkat integritas yang tinggi, maka akan menghasilkan menghasilkan kualitas audit yang tinggi juga. (3) motivasi tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Hal ini disebabkan bahwa pemeriksa dapat menghasilkan kualitas audit yang baik walaupun kondisi psikologisnya lagi buruk. (4) dan dengan pengujian secara simultan menggunakan uji F kompetensi, integritas dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh terahadap kualitas audit sebesar 67.8%.

Kata kunci : Kualitas audit, kompetensi, integritas, motivasi.


Full Text:

PDF

References


A.A., Arens, elder, dan Beasley (2015), auditing dan jasa assurance pendekatan terintegrasi jilid I, edisi 15. Penerjemah Herman Wibowo. Jakarta : penerbit erlangga.

Andy Dwi Cahyono (2015) Pengaruh Kompetensi, Independensi, Obyektifitas, Kompleksitas, Dan Integritas Auditor Terhadap Kualitas Hasil Audit, ISSN 2088-7469(Paper), ISSN 2407-6864 (Online), Vol.5, No.1

Arfan Arif Harahap, 2017, Pengaruh Integritas, Objektifitas, Dan Independensi Terhadap Kualtias Audit (Studi Empiris Pada Inspektorat Kabupaten Bogor), jurnal online mahasiswa (JOM), Vol 2, No 2 (2017).

Asosiasi auditor intern pemerintah Indoensia, nomor : S – 01/AAIPI/3/2014, hal kode etik. Jakarta.

Dewa Ayu Wini Triarini (2016), Pengaruh Kompetensi, Skeptisisme Profesional, Motivasi, Dan Disiplin Terhadap Kualitas Audit Kantor Akuntan Inspektorat Kabupaten/Kota Di Bali, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, ISSN : 2302-8556

Ihyaul Ulum MD (2012), Audit Sektor Publik, Jakarta, Bumi Aksara.

Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2015.

Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2016.

Iman sarwoko (2014), Pengaruh Ukuran KAP dan Masa Perikatan Audit Terhadap Penerapan Prosedur Audit Untuk Mendeteksi Risiko Kecurangan Dalam Laporan Keuangan, Serta Impilkasinya Terhadap Kualitas Audit, Jurnal Akuntansi / volume XVIII, No.1, januari 2014.

Irawanti Bunga Nurjannah (2016), Pengaruh Kompetensi, Independensi, Etika, Pengalaman Auditor, Skeptisme Profesional Auditor, Objektifitas Dan Integritas Terhadap Kuaolitas Audit (Studi Pada Kantor Akuntan Publik Di Semarang), Dinamika Akuntansi, keuangna dan perbankan, vol.5, no.2, ISSN : 1979-4878.

Joko Ade Nursiyono (2015), kompas teknik pengambilan sampel, Bogor, In Media.

Maharany (2016), Pengaruh Kompetneis, Independensi, Dan Etika Profesi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada KAP Malang), Jurnal Akuntansi Aktual, Vol. 3, No. 3.

Miftah Urrahmi (2015), Pengaruh Independensi, Kompetensi, Motivasi, Objektivitas, Integritas, Pengalaman Kerja, Dan Etika Terhadap Kualitas Audit Aparat Inspektorat Dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Inspektorat Pemerintah Ktoa Di Sumatra Barat), Jom FEKON Vol.2 No.2

Mochamad Ichrom, 2015, Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Motivasi Auditor Terhadap Kualitas Audit, jurnal ilmu & riset akuntansi Vol. 4 No. 1 (2015).

Neni Afriyani, 2014, Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Skeprisme Profesional Terhadap Kualitas Audit Auditor Inspektorat Se-Provinsi Riau, JOM FEKON Vol.1 No. 2 Oktober 2014.

Oklivia (2014), Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Faktor-Faktor Dalam Diri Auditor Lainnya Terhadap Kualitas Audit, jurnal bisnis dan akuntansi Vol.16, No2, ISSN : 1410-9875.

Peraturan Mentri Dalam Negri No 64 Tahun 2007, Tentang Pedoman Teknis Organisasi Dan Tata Kerja Inspektorat Provinsi Dan Kabupaten/Kota. Jakarta.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor PER/04/M.PAN/03/2008, Tentang Kode Etik APIP. Jakarta.

Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia nomor 1 tahun 2017, standar pemeriksaan keuangan Negara. Jakarta.

Ridho Hidayat, 2014, Pengaruh Pengalaman Kerja, Etika, Integritas, Dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Auditor BPKP Provinsi Riau), JOM FEKON Vol. 1 No. 2 Oktober 2014.

Suparno Eko Widodo (2015), Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, pustaka pelajar.

Tandiontong, Mathius (2016), kualitas audit dan pengukurannya, Bandung, Alfabeta.

Veby Kusuma Wardhani, 2014, Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Integritas, Obyektifitas, Dan Kompetensi Terhadap Kualitas Audit, Ekonomika-Bisnis Vol.5 No.1 Bulan Januari tahun 2014.

http://news.detik.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.