PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP TAX AVOIDANCE

Tresna Syah Rozak, Arief Tri Hardiyanto, Haqi Fadillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap penghidan pajak perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah penghindaran  pajak yang diproksikan dengan cash effective tax rate (CETR). Sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang di proksikan dengan net profit margin (ROA), likuiditas yang diprosikan dengan current ratio (CR) dan leverage yang diproksikan dengan debt to asset ratio (DAR).

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 perusahaan Sektor Aneka Industri  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode pusposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 8 perusahaan Sektor Aneka Industri berdasarkan kriteria tertentu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak, Likuiditas tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak dan Leverage tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Sedangkan secara simultan Profitabilitas, likuiditas dan Leverage berpengaruh terhadap penghindaran pajak.

Karena masih adanya sejumlah variabel lain yang belum digunakan dan penelitian ini hanya dilakukan selama 5 tahun maka penelitian selanjutnya disarankan untuk memperpanjang periode pengamatan serta menambahkan variabel lain yang erat kaitannya dengan penghindaran pajak agar penghindaran pajak dapat dijelaskan dengan lebih baik.

 

Kata Kunci: Penghindaran Pajak, Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage.

 


Full Text:

PDF

References


Agung Wibawa, dkk. 2016. Pengaruh profitabilitas dan Good Corporate Governance terhadap Penghindara Pajak (Studi pada Perusahaan Terdaftar di Indeks Bursa SRI KEHATI Tahun 2010-2014). Jurnal Perpajakan (JEJAK). 11(1)

Aloysius Wendy Valentinus. 2015. Pengaruh Proporsi Komisaris Indepenen Komite Audit, Manajemen Laba, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Penghindaran Pajak. Artikel, Universitas Sebelas Maret.

Adelina. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Reformasi Perpajakan Terhadap Penghindaran Pajak di Perusahaan Manufaktur. Skripsi Universitas Indonesia

Chandra. 2015. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, Likuiditas, dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Tax Avoidance. Thesis. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Unika Atmajaya.

Budiman. Judi dan Setiyono. 2012. Pengaruh Karakter Eksekutif Terhadap Penghindaran Pajak (tax Avoidance). Simponsium Nasional Akuntansi XV.

Dharma, I Made Surya dan Putu Agus Ardiana, 2016. Pengaruh Leverage, Intensitas Aset Tetap, Ukuran Perusahaan, dan Koneksi Politik Terhadap Tax Avoidance. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.15.1, 584-613.

Darmawan, I Gede Hendy dan I Made Sukartha, 2014. Pengaruh Penerapan Corporate Governance, Leverage, Return On Assets, dan Ukuran Perusahaan Pada Penghindaran Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 9.1, 2014: 143- 161.

Etna N.A Yuyetta. 2006. Pengaruh Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Masa Kritis: Pengujian Empiris Di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Auditing.1(2), 148-168

Fikriyah . 2014. Analisis Pengaruh Likuiditas Leverage, Profitabilitas, dan Karakteristik Kepemilikan terhadap Agrevisitas Pajak Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2010-2012). Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ghozali Imam. 2011. Analisis Mulivarite Dengan Program SPSS Semarang: Badan Penertiban Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Gupta, S., Newberry, K. 1997. Determinats of variability in Corporate Effective Tax Rate: Evidance from Longitudinal Data. Journal of Accounting and public Policy, 16(1), 1-34

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan, Jakarta, Rajawali Pers.

Kementerian Perindustrian. 2016. (Diakses 10 Agustus 2018 ).

http://www.kepemenperin.go.id

Kurniasih, Tommy dan Maria M. Ratna Sari, 2013. Pengaruh Return On Assets, Leverage, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan dan Kompensasi Rugi Fiskal Pada Tax Avoidance. Volume 18, No. 1.

Krisnata Dwi Suryanto dan Suparmono. 2012. Likuiditas Leverage, Komisaris Independen , dan Manajemen Laba terhadap Agresivisitas Pajak Perusahaan Jurnal Keuangan dan Perbankan. 16(2), 167-177.

Lucy T.Y Putri. 2014. Pengaruh Likuiditas, Manajemen Laba dan Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI periode 2008-2012). Artikel. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang.

Novia Bani Nugraha. 2015. Pengaruh Corporate Social Responsbility dan Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Capital Intenisty terhadap Tax Avoidance. Skripsi. Semarang Universitas Diponegoro

Rodriguez, Elena Fernandes dan Arias. 2012. Do Business Characteristics determine an effective tax rate?. The Chinese Economy. 45, 60-83

Sari, Gusti Maya. 2014.Pengaruh Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Kompensasi Rugi Fiskal dan Struktur Kepemilikan Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Jurnal WRA, Vol.2. No. 2

Sari, Nirmala. 2016. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Komisaris Independen dan Likuiditas terhadap Tax Avoidance. Jurnal. Vol, 5 No, 2, 2016.

Saham Ok . 2016. (Diakses 15 Agustus 2018). http://www.sahamok.com

Sri Ayu Agustina. 2016. Pengaruh Likuiditas dan Leverage terhadap Agrevisitas Pajak Perusahaan Manufaktur (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012). Skripsi. Universitas Widyatama.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Suandy, Early. 2011. Perencanaan Pajak. Jakarta: Salemba Empat

Surya dan Putu Agus Ardiana, 2016. Pengaruh Leverage, Intensitas Aset Tetap, Ukuran Perusahaan, dan Koneksi Politik Terhadap Tax Avoidance. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.15.1, 584-613.

Sumarsan, Thomas. 2012. Tax Rivew dan Strategi Perencanaan Pajak. Jakarta: Indeks.

Swingly, Calvin dan Made Sukartha. 2015. Pengaruh Karakter Eksekutif, Komite Audit, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Sales Growth Pada Tax Avoidance. E- Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 10.1 (2015): 47-62

Tommy dan Maria M. Ratna Sari. 2013. Pengaruh Return On Assets, Leverage, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan dan Kompensasi Rugi Fiskal Pada Tax Avoidance. Volume 18, No. 1.

Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia. Ed 9. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.