PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PT JASA MARGA (PERSERO ) TBK TAHUN 2010–2017

Nur Azizah Amelda, Arief Tri Hardiyanto, May Mulyaningsih

Abstract


Perusahaan mempunyai tujuan jangka panjang yaitu memaksimumkan nilai perusahaan. Semakin tinggi nilai perusahaan maka kemakmuran pemegang saham akan semakin meningkat. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan diantaranya profitabilitas dan struktur modal. salah satu indikator penting untuk melihat prospek perusahaan di masa datang adalah dengan melihat sejauh mana pertumbuhan profitabilitas perusahaan. Struktur modal diperlukan untuk meningkatkan nilai perusahaan karena penetapan struktur modal dalam kebijakan pendanaan perusahaan menentukan profitabilitas dan posisi perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT Jasa Marga Tbk Tahun 2010-2017. Hasil pengujian secara parsial dengan uji t mendapatkan hasil bahwa baik struktur modal maupun profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan pengujian secara simultan dengan uji F terdapat pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kontribusi pengaruh variabel independen yaitu Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Equity (ROE) terhadap variabel dependen yaitu Price Book Value (PBV) adalah sebesar 57.4%. Sedangkan sisanya sebesar 42,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti

 

Kata Kunci : Struktur Modal, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan


Full Text:

PDF

References


Afrizal, Arie.. (2012). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Semarang: Universitas Diponegoro

Rosma Pakpahan. (2010), “Pengaruh faktor-faktor fundamental perusahaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan”, Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntasi Vol.2, No. 2 November.

Brigham dan Ehrhardt. (2008), Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi 10, Jakarta: Salemba Empat.

Irham Fahmi. (2014), Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Eugene F. Brigham dan Joel F. Houston. (2014), Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi 10, Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. (2014), Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: Rajawali Pers.

I Made Sudana. (2015), Manajemen Keuangan Perusahaan, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Bambang Hermanto dan Mulyo Agung. (2015), Analisa Laporan Keuangan, Jakarta: Penerbit Lentera Ilmu Cendikia.

James C. Van Horne dan Jhon M. Wachowicz JR. (2007), Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.