ANALISIS DAMPAK KEPUTUSAN AKUISI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERPUSAHAAN PENGAKUISISI (STUDI KASUS PT ASTRA OTOPARTS TBK)

Elvina Rahayu, Arief Tri Hardiyanto, Siti Maimunah

Abstract


Perkembangan posisi keuangan mempunyai arti yang sangat penting bagi perusahaan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian yang dapat dijadikan acuan untuk memutuskan suatu perusahaan memiliki kualitas yang baik atau tidak. Penelitian tersebut dapat dilakukan dengan melihat sisi kinerja keuangan yang dapat menggambarkan pencapaian keberhasilan perusahaan atas kegiatan operasinya. Era persaingan bebas yang menyebabkan semakin ketatnya persaingan antar perusahaan, mendorong perusahaan untuk menemukan cara guna mengembangkan sterategi agar dapat bertahan dan terus berkembang. Akuisisi adalah strategi ekspansi bisnis yang banyak dipilih perusahaan untuk mempertahankan eksistensi dan kelangsungan hidupnya, terutama karena banyak anggapan bahwa akuisisi merupakan jalur cepat untuk mengakses pasar baru atau produk baru tanpa harus membangun dari nol, serta dapat menciptakan sinergi. Namun jika strategi ini gagal, akuisisi bukan berdampak positif pada perusahaan, tapi justru berdampat buruk terhadap kinerja keuangan perusahaan.
Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan dampak keputusan akusisi terhadap perubahan kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi yang diukur dengan rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas yang di fokuskan pada current ratio (CR), rasio solvabilitas yang difokuskan pada debt ratio (DR), Rasio Aktivitas yang difokuskan pada total assets turnover (TATO), dan rasio profitabilitas yang difokuskan pada return on equity (ROE), serta rasio nilai paasar earning per share (EPS).
Penelitian ini dilakukan pada PT Astra Otoparts Tbk yang melakukan kegiatan akuisisi pada tahun 2013 dengan menggunakan data sekunder. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitain deskriptif dengan alat bantu SPSS 21.0. Metode analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, dan uji hipotesis dengan menggunakan paired sampel t test atau uji t sampel berpasangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja keuangan perusahaan setelah akuisisi tidak terdapat perubahan yang signifikan pada rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, rasio profitabilitas, dan rasio nilai pasar. Dengan kata lain keputusan akuisisi ini tidak berpengaruh terhadap tingkat likuiditas perusahaan, tingkat hutang perusahaan dan efisiensi perusahaan dalam aktivitas operasionalnya. Serta perubahan juga tidak terjadi pada rasio profitabilitas dan rasio nilai pasar perusahaan. Dari penelitian yang dilakukan maka saran yang dapat diberikan oleh penulis bagi perusahaan yang akan melakukan akuisisi sebaiknya melakukan pertimbangan dan persiapan yang matang. Hal-hal yang harus di pertimbangkan perusahaan sebelum melakukan akuisisi diantaranya adalah motif atau tujuan melakukan akuisisi, metode akuisisi dan kondisi finansial maupun manajemen perusahaan.
Kata Kunci: Akuisisi, Kinerja Keuangan, Klomogorov-Smirnov, dan Paired Sampel t Test atau Uji t Sampel Berpasangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.