PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOK FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2015

Dilla Permatasari

Abstract


DILLA PERMATASARI. 022113150. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2015. Dibawah bimbingan: Arief Tri Hardiyanto dan Sigit Edi. Tahun 2017.
Harga saham adalah nilai suatu saham yang mencerminkan kekayaan perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut, dimana perubahaan atau fluktuasinya sangat ditentukan oleh kekuatan penawaran dan permintaan yang terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kinerja perusahaan yang tertuang dalam bentuk rasio keuangan. Rasio yang digunakan yaitu rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas. Ketiga rasio ini secara umum selalu menjadi perhatian investor karena secara dasar dianggap sudah mempresentatifkan analisis awal kondisi suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan (CR, DER dan ROE) terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2015 baik secara parsial maupun simultan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah verifikatif mengenai Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2015. Untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan, maka penulis melakukan pengumpulan data sekunder bersumber dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan situs resmi perusahaan. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling, yaitu diambil adalah empat perusahaan dengan kriteria dan pertimbangan tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah kuantatif statistik, dengan menggunakan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas dan autokorelasi, uji hipotesis yaitu uji koefisien determinasi, uji F, uji t, dan analisis regresi berganda. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 21.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil uji simultan (Uji F) variabel CR, DER dan ROE berpengaruh positif terhadap harga saham. Secara parsial (Uji t) variabel CR, DER dan ROE berpengaruh positif terhadap harga saham. Harga saham dipengaruhi oleh CR, DER dan ROE sebesar 67,9% dan sisanya dipengaruhi faktor lain.
Kata kunci : Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER) dan Return On Equity (ROE), dan Harga Saham


Full Text:

PDF

References


Bagus Putra Yudhayasa (2013), Pengaruh Kinerja Keuangan (Solvabilitas, Profitabilitas, Penilaian Pasar) Terhadap Kenaikan Nilai Saham Pada PT Enseval Putera Megatradign Tbk, Bogor, Universitas Pakuan Bogor.

Ciaran Walsh (2006), Key Management Ratios, Erlangga.

Dermawan Sjahrial (2008), Manajemen Keuangan Lanjutan, Jakarta, Mitra Wacana Media.

Dipo Satria Alam (2009), Pengaruh rasio Keuangan (Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, Profitabilitas, dan Pasar) terhadap Harga Saham Industri Manufaktur di BEJ, Universitas Sumatra Utara.

Devi Agrihotlita Situmorang (2011), Profitabilitas, Solvabilitas dan Likuiditas terhadap Harga Saham Perbankan di Bursa Efek Indonesia, Universitas Sumatra Utara.

D. Agus Harjito & Martono (2012), Manajemen Keuangan, Yogyakarta, EKONISIA

Desmon Wira (2014), Analisis Fundamental Saham, Exceed.

Duwi Priyatno (2016), Belajar Analisis Data dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS, Yogyakarta, Gava Media.

Harahap, Sofyan Shafri (2015), Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Herfert Erich (2009), Techniques of Financial Analysis, Jakarta, Erlangga.

Hery (2015), Analisis laporan Keuangan, Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Irham Fahmi (2012), Analisis Laporan Keuangan, Bandung, Alfabeta.

Irham Fahmi (2014), Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal.Jakarta, Mitra Wacana Media.

Kasmir (2015), Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: Rajawali Pers.

Munawir, S (2008). Analisis Laporan keuangan. Edisi Keempat. Cetakan Kesebelas, Yogyakarta: Liberty.

Rudianto (2013), Akuntansi Manajemen, Jakarta, Erlangga.

Sabar Warsini (2009), Manajemen Investasi, Jakarta, Semesta media.

Achmad Syaiful Susanto (2010), Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi Di BEI, Surabaya, Universitas Negeri Surabaya

Teska Destia Ratri (2015), Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Perusahaan Tekstil Dan Produk Tekstil (TPT) yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2014, Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta.

www.idx.com (Diakses pada tanggal 27 Agustus 2016)

www.financeyahoo.com (Diakses pada tanggal 28 September 2016)

www.kimiafarma.co.id

www.kalbefarma.com

www.indofarma.co.id

www.pyridamfarma.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.