ANALISIS DAMPAK KEPUTUSAN AKUISISI TERHADAP PERUBAHAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PENGAKUISISI (STUDI KASUS PADA PT JASA MARGA (PERSEROAN) TBK)

Titin Dianah, Monang Situmorang, Lia Dahlia Iryani

Abstract


TITIN DIANAH. 022113029. Analisis Dampak Keputusan Akuisisi Terhadap Perubahan Kinerja Keuangan Perusahaan Pengakuisisi (Studi Kasus Pada PT Jasa Marga (Perseroan) Tbk). Dibawah bimbingan: Monang Situmorang dan Lia Dahlia Iryani. 2017.
Perkembangan posisi keuangan mempunyai arti yang sangat penting bagi perusahaan. Untuk itu perlu dilakukan penilian yang dapat dijadikan acuan untuk memutuskan suatu perusahaan memiliki kualitas yang baik atau tidak. Penilaian tersebut dapat dilakukan dengan melihat sisi kinerja keuangan yang dapat menggambarkan pencapaian keberhasilan perusahaan atas kegiatan operasinya. Era persaingan bebas yang menyebabkan semakin ketatnya persaingan antar perusahaan, mendorong perusahaan untuk menemukan cara guna mengembangkan strategi agar dapat bertahan dan terus berkembang. Akuisisi adalah strategi ekspansi bisnis yang banyak dipilih perusahaan untuk mempertahankan eksistensi dan kelangsungan hidupnya, terutama karena banyak anggapan bahwa akuisisi merupakan jalur cepat untuk mengakses pasar beru atau produk baru tanpa harus membangun dari nol, serta dapat menciptakan sinergi. Namun jika strategi ini gagal, akuisisi bukan berdampak positif pada perusahaan, tapi justru akan berdampak butuk terhadap kinerja keuangan perusahaan.
Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan dampak keputusan akuisisi terhadap perubahan kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi yang diukur dengan rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas yang difokuskan pada current ratio, rasio leverage yang difokuskan pada debt ratio, rasio aktivitas yang difokuskan pada total assets turnover, rasio profitabilitas yang difokuskan pada net profit margin, return on assets, dan return on equity, serta rasio pasar yang difokuskan pada earning per share.
Penelitian ini dilakukan pada PT Jasa Marga (Perseroan) Tbk yang melakukan kegiatan akuisisi tahun 2011 dengan menggunakan data sekunder. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan alat namtu SPSS 21.0. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas data dengan menggunakan uji kolmogorov-smirnov, dan uji hipotesis dengan menggunakan paired sampel t test atau uji t sampel berpasangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja keuangan perusahaan setelah akuisisi berubah secara signifikan khususnya pada rasio likuiditas, rasio leverage dan rasio aktivitas perusahaan dibandingkan sebelum akuisisi. Dengan kata lain, keputusan akuisisi berpengaruh terhadap tingkat likuiditas perusahaan, tingkat hutang perusahaan dan efisiensi perusahaan dalam aktivitas operasionalnya. Namun perubahan tersebut tidak terjadi pada rasio profitabilitas dan rasio nilai pasar perusahaan. Dari penelitian yang dilakukan maka saran yang dapat diberikan oleh penulis bagi perusahaan yang akan melakukan akuisisi sebaiknya melakukan pertimbangan dan persiapan yang matang. Hal-hal yang harus dipertimbangkan perusahaan sebelum melakukan akuisisi diantaranya adalah motif atau tujuan melakukan akuisisi, metode akuisisi dan kondisi finansial maupun manajemen perusahaan perusahaan target.
Kata Kunci: Akuisisi, Kinerja Keuangan, Kolmogorov-Smirnov, dan Paired Sampel t Test atau Uji t Sampel Berpasangan.


Full Text:

PDF

References


Amelia, Firda. 2014. Kinerja Bank di Indonesia Setelah Melakukan Merger dan Akuisisi dengan Kepemilikan Asing: Apakah Lebih Baik?. Yogyakarta: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol. 5, No 1.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Funashor, M. Hanif. 2014. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Merger dengan Metode Economic Value Added (EVA). Surabaya: Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. Vol. 3 No. 4.

Halim, Abdul. 2015. Akuntansi Keuangan Lanjutan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hanafi, Mamduh M, dan Abdul Halim. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Teori Akuntansi .Jakarta: Rajawali Pers.

Moin, Abdul. 2010. Merger, Akuisisi, & Divestasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Gunawan, Kadek Hendra Gunawan, dan I Made Sukartha. 2013. Kinerja Pasar dan Kinerja Keuangan Sesudah Merger dan Akuisisi di Bursa Efek Indonesia. Bali: E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 5.2 (2013): 271-290.

Novaliza, Putri. 2013. Analisis Pengaruh Merger dan Akuisisi Terhadap Kinerja Perusahaan Publik di Indonesia. Jakarta: Jurnal Akuntansi & Bisnis, Vol. 1 No. 1.

Pusat Bahasa Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2012. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Pustaka Setia.

Rani, Neelam, Surendra S. Yadav, dan P.K. Jain. 2015. Financial Performance Analysis of Merger and Acquisition: evidence from India. India: International Journal of Commerce and Management. Vol.25 No.4.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. 2013. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekosiana.

Ubaydillah, Achmad. 2016. Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Bogor: Universitas Pakuan.

Utari, Dewi, Ari Purwanti, dan Darsono Prawironegoro. 2014. Manajemen Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

www.antam.com

www.idx.co.id

www.jasamarga.com

www.kbbi.web.id

www.kppu.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.