Analisis Pengaruh Fraud Triangle Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015

Annisa Rachmania, Budiman Slamet, Lia Dahlia Iryani

Abstract


Annisa Rachmania. 0221 13 177. Analisis Pengaruh Fraud Triangle Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015. Dibawah bimbingan Budiman Slamet dan Lia Dahlia Iryani. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai efektivitas dari fraud triangle sebagai faktor penyebab kecurangan laporan keuangan. Variabel-variabel dari fraud triangle adalah pressure, opportunity dan rationalization, yang kemudian dibagi menjadi enam sub variabel independen yakni financial stability dengan proksi rasio perubahan aset selama dua tahun (ACHANGE), external pressure yang diproksikan dengan rasio laverage (LEV), personal financial need yang diproksikan dengan rasio saham yang dimiliki orang dalam (OSHIP), financial target yang diproksikan dengan return on asset (ROA), ineffective monitoring yang diproksikan dengan rasio komisaris independen (IND) dan auditor switch yang diproksikan dengan CPA. Sedangkan variabel dependen yakni kecurangan laporan keuangan diproksikan dengan manajemen laba.
Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Total sampel penelitian ini sebanyak 7 perusahaan. Metode analisis data statistik yang digunakan adalah regresi berganda dengan SPSS versi 21.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa external pressure yang diproksikan dengan LEV, financial target yang diproksikan dengan ROA dan auditor switch yang diproksikan dengan CPA berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan yang diproksikan dengan manajemen laba. Sedangkana financial stability yang diproksikan dengan ACHANGE, personal financial need yang diproksikan dengan OSHIP dan ineffective monitoring yang diproksikan dengan IND tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan yang diproksikan dengan manajemen laba.
Kata Kunci : Kecurangan laporan keuangan, financial stability, exteral pressure, personal financial need, financial target, ineffective montioring, auditor switch, manajemen laba, fraud triangle


Full Text:

PDF

References


Diaz Priantara. 2013. Fraud Auditing & Investigation, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan, Jurusan Akuntansi. 2015, Pedoman Skripsi Penulisan Skripsi S1, Bogor.

Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hery. 2017. Auditing dan Asurans : Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Standar Audit Internasional, Grasindo, Jakarta.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan, Rajawali Pers, Jakarta.

Koesmana, Deddy S, Kristiawan, Humbul & Rizki, Ahmad 2007. Peran Auditor Internal dalam Mencegah dan Mendeteksi Terjadinya Fraud menurut Standar Profesi, Economic Business & Accounting Review, Vol II No.1. hal 59-71.

Kurnia Kusuma Rachmawati, Marsono. Pengaruh Faktor-Faktor dalam Perspektif Fraud Triangle Terhadap Fraudulent Financial Repoting (Studi Kasus pada Perusahaan Berdasarkan Sanksi dari Bapepam periode 2008-2012), Jurnal Akuntansi, Vol. 3, No. 2, 2014, Halaman 1, ISSN : 2337-3806, Universitas Diponegoro.

Lou, Young-I, & Ming-Long Wang. 2009. Fraud Risk Factor of the Fraud Triangle Assessing the Likelihood of Fraudulent Financial Reporting. Journal of Business & Economics Research, Vol. 7, No. 2, pp. 63-78.

Mafiana Annisya, Lindrianasari, Yuztitya Asmaranti. Pendeteksian Kecurangan Laporan Keuangan Menggunakan Fraud Diamond, Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol. 23, No. 1, Maret 2016, Hal 72-89, ISSN: 1412-3126, Universitas Lampung.

Mulford, Charless W, dan Eugene E. Comiskey. 2012. Deteksi Kecurangan Akuntansi, Penerbit PPM, Jakarta.

Nguyen, Khanh. 2008. Financial Statement Fraud: Motives, Methodes, Cases and Detection. http://www.bookpump.com/dps/pdf-b/9423197b.pdf, diakses desember 2016.

Nur Maghfiroh, Komala Ardiyani, Syafnita. Analisis Pengaruh Financial Stability, Personal Financial Need, External Pressure dan Ineffective Monitoring Pada Financial Statement Fraud dalam Perspektif Fraud, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume 16, Nomor 01, Maret 2015, Universitas Pekalongan.

Purba, V. Jan Horas. 2015. Metodelogi Penelitian Diktat Mata Kuliah. Bogor : Universitas Pakuan.

Riny Jefri, Mediaty. Pendeteksian Kecurangan (Fraud) Laporan Keuangan, Jurnal Akuntansi, Vol. 01, No. 02, Juli 2014, Halaman 56-64, ISSN 2339-1502.

Rita Anugerah. 2014. Peranan Good Corporate Governance dalam Pencegahan Fraud, Jurnal Akuntansi, Vol. 3, No. 1, Oktober 2014: 101-113, ISSN 2337-4314, Universitas Riau.

Scott, W. R. 2000. Financial Statement Fraud: Prevention and Detection, New York: John Wiley & Sons, Inc.

Siti Maemunah. Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Return Of Equity (ROE) Terhadap Return Saham Pada PT. Astra Otoparts Tbk, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Volume Semester I, 2013, Universitas Pakuan.

Skousen C. J., Smith, K. R & Wright C. J. 2009. Detecting and Predicting Financial Statement Fraud: the Effectiveeness of the Fraud Triangle and SAS No. 99 in Advances in Financial Economics: Corporate Governance and Performance 1st edition. JAI Publishing, Emerald Group, Vol. 13.

Sulistyanto H. Sri. 2008. Manajemen Laba: Teori dan Model Empiris, Grasindo, Jakarta.

Tuanakotta, Theodorus. M. 2010. Akuntansi Forensik dan Auditor Investigatif, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Widarti. Pengaruh Fraud Triangle Terhadap Deteksi Kecurangan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 13 No. 2 Juni 2015, Universias Sriwijaya.

Website Bursa Efek Indonesia http://www.idx.co.id

Website Saham Ok http://www.sahamok.com

www.okezone.com

www.liputan6.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.