ANALISIS KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) PADA PERUSAHAAN BUMN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2011-2015

Lasti Butarbutar, Hendro Sasongko, Tiara Timuriana

Abstract


Kinerja keuangan menjadi hal yang sangat penting diperhatikan, karena dengan kinerja keuangan yang baik akan mendorong investor untuk menanamkan modalnya di sektor tersebut. Kinerja keungan merupakan hasil atau prestasi yang telah dicapai oleh manajemen perusahaan selama periode tertentu sehingga kinerja keuangan sangat dibutuhkan untuk mengetahui dan mengevaluasi sampai dimana tingkat keberhasilan perusahaan berdasarkan aktivitas keuangan yang telah dilaksanakan. Economic Value Added (EVA) merupakan estimasi laba ekonomi usaha yang sebenarnya untuk tahun tertentu dan sangat jauh berbeda dari laba akuntansi di mana laba akuntansi tidak dikurangi dengan biaya ekuitas sementara dalam perhitungan EVA biaya ekuitas akan dikeluarkan. Sedangkan Market Value Added (MVA) merupakan refleksi dari harapan investor atas total nilai yang mereka harapkan dari perusahaan untuk menciptakan nilai masa depan dengan total modal yang diinvestasikan lebih sedikit di perusahaan. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan kinerja keuangan perusahaan BUMN Sektor Pertambangan menggunakan pendekatan EVA dan MVA. Penelitian mengenai analisis kinerja keuangan dengan pendekatan EVA dan MVA dilakukan pada perusahaan BUMN Sektor Pertambangan yang terdaftar di BEI dengan menggunakan data sekunder. Metode penarikan sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan diolah dengan menggunakan Ms. Excel 2010. Hasil penelitian mengungkapkan fakta bahwa berdasarkan analisis EVA kinerja keuangan PT. Aneka Tambang (Persero) Tbk kurang memuaskan, sedangkan kinerja keuangan PT. Bukit Asam (Persero) Tbk dan PT. Timah (Persero) Tbk memiliki kinerja yang cukup memuaskan. Berdasarkan analisis MVA ketiga perusahaan memiliki kinerja keuangan yang cukup memuaskan, karena memiliki nilai MVA positif. Perusahaan BUMN Sektor Pertambangan memiliki perkembangan invested capital cenderung meningkat, sedangan laba yang dihasilkan cenderung menurun. Hal ini berdampak pada Nilai EVA yang dihasilkan perusahaan. Harga saham yang terus menurun juga berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Harga saham yang menurun berdampak pada Nilai MVA yang dihasilkan perusahaan. Penulis menyarankan bagi investor yang akan melakukan investasi pada sektor pertambangan supaya memperhatikan nilai EVA dan MVA, karena hal tersebut dapat mencerminkan bagaimana kinerja perusahaan dengan memperhitungan nilai biaya modal.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Rodoni dan Herny Ali (2010), Manajemen Keuangan, Edisi Pertama, Jakarta, Penerbit Mitra Wacana Media.

Annisa Tamba (2012), Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Pendekatan EVA dan MVA Pada Bank BUMN Yang Go Publik. Skripsi, Makassar, Universitas Hasanuddin.

Anggoro Dwi Putra (2015), EVA dan MVA Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Industri Rokok. (Studi Pada PT. HM Sampoerna Tbk, dan PT. Gudang Garam Tbk), Jakarta, ABFI Institute Perbanas.

Bambang Hermanto dan Mulyo Agung (2015). Analisa Laporan Keuangan, Catakan Keempat, Jakarta, Penerbit Lentera Ilmu Cendekia.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. (2013), Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Ali Akbar Yulianto, Penerjemah.). Jakarta, Penerbit Salemba empat.

Brealey, Myers, dan Marcus (2007), Dasar-dasar manajemen keuangan perusahaan, Edisi 5, Jakarta, Erlangga.

Hansen, Don R. dan Maryane M. Mowen (2007), Managerial Accounting, Eighth Edition, Thomson South Western. USA

Harahap, Sofyan Syafri (2015). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Edisi 1, Cetakan 12, Jakarta, Penerbit Rajawali Pers.

Harmono (2014), Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard, Edisi 1, Cetakan 3, Jakarta, Bumi Aksara.

Herry Mardiyanto (2013), Analisis Pengaruh Nilai Tambah Ekonomi dan Nilai Tambah Pasar Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Ritel yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol 1, Nomor 1, Hal 1-10.

Hery (2013), Akuntansi Keuangan Manajemen, cetakan pertama, Yogyakarta, penerbit CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Hery (2015). Analisis Kinerja Manajemen, The Best Financial Analysis, Jakarta, Penerbit PT Grasindo.

Hery (2016), Financial Ratio for Business, Analisis Keuangan untuk Menilai Kondisi finansial dan Kinerja Perusahaan, Jakarta, Penerbit PT Grasindo.

Hilton, Ronald (2009), Akuntansi Manajerial, Jakarta, Penerbit Salemba Empat

http://www.esdm.go.id

http://www.bppk.kemenkeu.go.id

Ikatan Akuntan Indonesia (2015), Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta, Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI.

Irham Fahmi (2015). Pengantar Manajemen Keuangan,Cetakan Keempat, Bandung, Penerbit Alfabeta.

Van Horne, James C. John M. Wachowicz JR.(2007). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan (Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary, Penerjemah.). Buku Kedua, Edisi Kesebelas. Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Johan Halim (2007). Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Melalui Pendekatan Economic Value Added dan Rasio Profitabilitas Pada Manufaktur Mie Instan dan Pengolahan Terigu Terbesar Di Indonesia, Telaah Manajemen (Jurnal Riset & Konsep Manajemen), Vol. 2, No. 1, Hal 20-22.

Kasmir (2016), Pengantar Manajemen Keuangan, Buku kedua, Edisi kedua, Jakarta, Penerbit Prenada Media Group.

Kamaludin dan Rini Indriani (2012), Manajemen Keuangan, Konsep Dasar Dan Penerapannya, Edisi Revisi, Cetakan Ke-2, Bandung, Penerbit CV. Mandar Maju.

Keown, Arthur J. John D. Martin J. William Petty, and David F.Scott (2010), Manajemen Keuangan: Prinsip dan Penerapan. Alih Bahasa: Marcus Prihminto Widodo. Jilid 2, Edisi Kesepuluh. Jakarta, Penerbit PT Indeks.

Lili M. Sadeli (2014), Dasar-Dasar Akuntansi, Edisi 1, Cetakan kedelapan, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara.

Lindah Wahyuni (2015), Analisis Kinerja Keuangan PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk Dengan Menggunakan Economic Value Added. Skripsi, makassar, Universitas Hasanuddin.

Moeljadi (2006), Manajemen Keuangan, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Malang, Bayumedia.

Ridwan Zulkarnain (2013), Analisis Komparatif ROA Dan EVA Dalam Menilai Kinerja Perbankan. (Studi Kasus pada Bank BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia), Skripsi, Makassar, Universitas Hasanuddin.

Rudianto (2013), Akuntansi manajemen, Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategis, jakarta, penerbit erlangga.

Suad Husnan, Enny Pudjiastuti (2015), Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Buku 1, Edisi 7, Yogyakarta, Unit Penerbit dan Pencetakan STIM YKPN.

Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan ke-23, Bandung, Penerbit Alfabeta.

Wiratna Sujarweni (2016), Pengantar Akuntansi, Yogyakarta, Penerbit Pustaka Baru Press.

www.idx.co.id

www.sahamok.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.