Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2015

Ekky Pratama Putra, Monang Situmorang, Retno Martanti Endah

Abstract


EKKY PRATAMA PUTRA. 0221 13 264. Akuntansi Keuangan. Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2015. Dibawah bimbingan Monang Situmorang, Ak., MM., Ca. dan Retno Martanti Endah L, S.E. ,M.Si., 2017.
Kemampuan memperoleh laba berbanding terbalik dengan likuiditas. Bilamana perusahaan menetapkan aset yang besar, kemungkinan yang terjadi pada tingkat likuiditas akan aman, akan tetapi harapan untuk mendapatkan laba yang besar akan turun yang kemudian akan berdampak pada profitabilitas perusahaan atau pun sebaliknya. Akan tetapi jika perusahaan memiliki jumlah utang jangka pendek dan jangka panjang yang besar maka risiko kerugian lebih besar namun jika perusahaan dapat mengelola dengan baik maka kesempatan mendapat laba besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh utang maupun utang jangka pendek ataupun utang jangka panjang terhadap laba yang terdapat pada perusahaan sub sektor telekomunikasiyang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Penelitian mengenai pengaruh likuiditas dan solvabilitas terhadap profitabilitas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 5 tahun dalam laporan keuangan pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode tahun 2011-2015. Peneliti menggunakan penarikan sampel karena penelitian harus mencari sampel yang terdapat wakil-wakil segala lapisan populasi dengan demikian maka diusahakan agar sampel tersebut memiliki ciri-ciri esensial, strata apa yang harus diwakili, tergantung pada penelitian atau pertimbangan (judgement) dari peneliti. Proses analisis data yang dilakukan terlebih dahulu adalah uji asumsi klasik dan selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Metode statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS.
Adapun hasil dari penelitian ini, didapat bahwa Likuiditas yang diproyeksikan dengan Current Ratio (CR) dan Solvabilitas yang diproyeksikan dengan Debt to Aset Ratio (DAR) secara (simultan) bersama-sama berpengaruh poditif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan yang diproyeksikan dengan Return on Aset Ratio (ROA), tetapi secara sendiri-sendiri (parsial) likuiditas yang diproyeksikan dengan Current ratio (CR) berpengaruh negatif dan tidak signifikan akan tetapi pada solvabilitas yang diproyeksikan dengan Debt to Aset Ratio (DAR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas yang diproyeksikan dengan Return on Aset ratio (ROA).
Kata Kunci : Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, dan Bursa Efek Indonesia (BEI).


Full Text:

PDF

References


Agus harjito & Martono. 2011. Manajemen Keuangan. Ekonisia. Yogyakarta.

Brigham & Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Etential Of Financial Management Edisi 11 Buku 1. Salemba Empat. Jakarta

Drs. Jumingan. 2014. Analisis Laporan Keuangan. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Harahap Sofyan Safri. 2013. Analisis Kritis atas Lapora Keuangan. Rajawali. Jakarta.

Hery, S.E, M.Si., CRP.,RSA. 2015. Analisis Kinerja Manajemen. PT Grasindo. Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 Pengungkapan Kebijakan Akuntansi. Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2014. Standar Akuntansi Keuangan per Efektif 1 Januari 2015. Jakarta.

Irham Fahmi. 2012 . Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta, CV. Bandung.

Irham Fahmi. 2014 . Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Mitra Wancana Media. Bandung.

James C. Van Horne&John M. Machowicz. 2012. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan (Buku 2) (Edisi 12). Jakarta. Salemba Empat.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

K. R. Subramanyam, & John J.Wild. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

K. R. Subramanyam, & John J.Wild. (2010). Analisa Laporan Keuangan. Buku 1 Edisi 10 (terjemahan). Jakarta: Salempa Empat.

Rahardjo Budi. 2007. Keuangan dan Akuntansi, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

S. Munawir. 2004. Analisa Laporan Keuangan. Liberty. Yogyakarta.

Sofyan Syafri Harahap. 2015. Teori Akuntansi Edisi Revisi 2011 Edisi 3. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta

Toto Pribadi. 2012. Memahami Laporan Keuangan Sesuai IFRS dan PSAK. Ppm. Jakarta

www.google.com

www.idx.co.id

www.sahamok.com

www.xl.co.id

www.indosatooredoo.com

www.telkom.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.