PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015

Dede Rohiman, Monang Situmorang, Retno Martanti Endah L

Abstract


Dede Rohiman. 022113306. Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Di bawah bimbingan Monang Situmorang dan Retno Martanti Endah L. 2017.
Peranan modal kerja di dalam suatu perusahaan memegang peranan yang penting karena merupakan suatu jumlah yang harus terus menerus ada dalam setiap kegiatan usaha perusahaan agar mampu menopang perusahaan dan mampu mencapai tujan perusahaan yaitu mendapatkan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan modal kerja yang terdiri dari perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan profitabilitas (return on assets) pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015, untuk mengetahui modal kerja secara parsial berpengaruh terhadap profitabilitas (return on assets) pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015, dan untuk mengetahui modal kerja secara simultan berpengaruh terhadap profitabilitas return on assets pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015.
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Terdapat 13 perusahaan dalam populasi dengan
sampel yang diperoleh berjumlah 4 perusahaan setelah melewati kriteria sampel yang ditentukan melalui metode Purposive Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Data yang telah dikumpulkan dan dianalisis dengan metode analisis data. Data diuji dengan menggunakan SPSS versi 21 dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan modal kerja berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Hasil koefisien determinasi yang disesuaikan adalah 0,520 yang menunjukkan bahwa 52% variasi variabel modal kerja yang dijelaskan melalui perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan memiliki kekuatan untuk mengestimasi profitabilitas yang dijelaskan melalui rasio profitabilitas ( return on asset), sedangkan 48% sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Saran bagi perusahaan. Perusahaan harus memperbaiki kinerja yang sudah dijalankan dan memperhatikan setiap komponen-komponen yang terdapat dimodal kerja seperti, penjualan, kas, putang usaha, beban pokok penjualan, dan persediaan. Dan bagi peneliti selanjutnya disarankan menggunakan variabel modal kerja yang lain seperti, rasio lancar, rasio cepat, dan perputaran modal kerja. Penelitian modal kerja akan lebih baik pula apabila tahun analisis ditambahkan lebih dari lima tahun buku yang diamati. Selain itu juga pentingnya meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi rasio profitabilitas seperti, gross profit margin, operating profit margin, dan net profit margin.
Kata kunci : Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Return on Assets.


Full Text:

PDF

References


Agus Harjito dan Martono (2012), Manajemen Keuangan. Ekonisia, Yogyakarta.

Anna Nurfahana (2013), Pengaruh Modal Kerja Terhadap Laba Usaha Koperasi. Jakarta. Universitas Indraprasta PGRI.

Fahmi,Irham (2012), Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta, Bandung.

Harmono (2014), Manajemen Keuangan. Bumi Aksara, Jakarta.

Hery (2015), Analisis laporan keuangan, Pendekatan Rasio Keuangan. CAPS, Yogyakarta

Jhon J.Wild dan K.R.Subramanyam (2010), Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10 Salemba Empat, Jakarta.

Jumingan (2011), Analisis Laporan Keuangan. Bumi Aksara, Surakarta.

Kamaludin dan Rini Indriani (2012), Manajemen Keuangan “Konsep Dasar dan Penerapannya”. CV. Mandar, Bandung.

Kasmir (2012), Analisi Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kumala Jodie (2012), Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Rokok. Makasar. Universitas Hasanudin.

Niwayan Yulianti (2013), Pengaruh Kebijakan Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Hotel dan Restoran. Bali. Universitas Udayana.

Prihadi, Toto (2010), Analisis Laporan Keuangan Teori dan Aplikasi. PPM, Jakarta.

Priyatno, Duwi (2012), Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 21, Yogyakarta: Andi.

Putu Intan Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Makanan dan Minuman. Bali. Universitas Udayana.

Riyanto, Bambang (2010), Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE, Yogyakarta.

Ririn Setorini (2009), Analisis Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur. Jakarta. Universitas Islam Syarif Hidayatullah.

Sartono,Agus (2008), Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. Bpfe,Yogyakarta.

Siregar,Syofian (2014), Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana. Jakarta.

Sugiyono (2014), Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta, Bandung.Suryabrata,Sumadi (2013), Metode Penelitian. Raja Grafindo, Jakarta.

http://www.astrainternational.com/

http://www.astraotoparts.com/

http://www.indospring.com/

http://www.selamatsempurna.com/

http://www.sahamok.go.id/

http://www.idx.co.id/

http://www.kemenprin.go.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.