“PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERBANKAN DENGAN TEKNIK CAMEL TERHADAP HARGA SAHAM PADA BANK BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA”

Dita Rosellia, Arief Tri Hardiyanto, Tiara Timuriana

Abstract


Disusun oleh DITA ROSELLIA, NPM 022113324. Pengaruh Kinerja Keuangan Perbankan Dengan Teknik CAMEL Terhadap Harga Saham pada Bank BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Di bawah bimbingan ARIEF TRI HARDIYANTO sebagai ketua komisi pembimbing dan TIARA TIMURIANA sebagai anggota komisi pembimbing Tahun 2017
Berdasarkan latar belakang penelitian, Kinerja keuangan didefinisikan sebagai prestasi manajemen dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu menghasilkan keuntungan dan meningkatkan nilai perusahaan. Dalam perusahaan yang telah go public nilai suatu perusahaan dapat dilihat dari pergerakan harga saham yang mencerminkan kinerja dari perusahaan. Secara umum, semakin baik kinerja keuangan suatu perusahaan maka semakin tinggi juga laba yang akan diperoleh juga semakin besar kemungkinan nilai saham akan naik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kinerja keuangan yang terdiri dari CAR, KAP, NPM, ROA, LDR dan Harga Saham pada perusahaan bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015, untuk mengetahui kinerja keuangan secara parsial berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonseia periode 2011-2015, dan untuk mengetahui kinerja keuangan secara simultan berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonseia periode 2011-2015.
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Terdapat 4 perusahaan yang diperoleh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Data yang telah dikumpulkan dan dianalisis dengan metode analisis dara. Data dijui dengan menggunakan SPSS versi 21 dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan kinerja keuangan berpengaruh secara signifikanterhadap harga saham pada perusahaan bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Hasil koefisien determinasi yang disesuaikanadalah 0,848 yang menunjukkan bahwa 85% variasi variabelkinerja keuangan yang dijelaskan melalui CAR, KAP, NPM, ROA, dan LDRmemiliki kekuatan untuk mempengaruhi harga saham. Sedangkan 15% sisanya dijelaskan oleh variable lain diluar variable yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci: Capital Adequancy Ratio, Kualitas Aktiva Produktif, Net Profit Margin, Return on Assets, Loan to Deposit Ratio, dan Harga Saham.


Full Text:

PDF

References


Agung Heri Setiawan. 2009. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Perubahan Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indoesia (BEI). Skripsi S1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Bayu Angga Rizkiyanto. 2015. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Telekomunikasi di BEI. Skripsi S1. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Desmond Wira. 2011. Analisis Fundamental Saham. Cetakan pertama. Jakarta: Exced.

Dwi Nur Halimah. 2013. Pengaruh Kinerja Keuangan Perbankan berdasarkan Analisis CAMEL terhadap Harga Saham dengan CSR sebagai Variabel Intervening. (Studi Pada Bursa Efek Indonesia periode 2008- 2011). Skripsi S1.Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Dwi Pastowo. 2014. Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi. Cetakan kedua. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

D. Agus Harjito dan Martono SU. 2014. Manajemen Keuangan. Edisi kedua. Yogyakarta: Ekonisia

Firdaus A Dunia. 2013. Pengantar Akuntansi. Edisi Keempat. Jakarta: Fakultas Ekonomi Univesitas Indonesia.

Frianto Pandia. 2012. Manajemen Dana dan Kesehatan Bank. 2012. Jakarta: Rineka Cipta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2013. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Cetakan kesebelas. Depok: Rajagrafindo Persada.

Harmono. 2014. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecar. Cetakan ketiga. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hartono Jogiyanto. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketujuh. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu. 2009. Dasar-dasar Perbankan. Cetakan Kedelapan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Imam Ghozali. 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Indra Bastian dan Suhardjono. 2006. Akuntansi Perbankan. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Irham Fahmi. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan kedua. Bandung: Alfabeta.

Irham Fahmi. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan. Cetakan ketiga. Bandung: Alfabeta.

Jumingan. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan kelima. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kasmir. 2011. Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali

Kasmir. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

LM Samryn. 2014. Pengantar Akuntansi. Cetakan ketiga. Depok: Rajagrafindo Persada.

Made Dimas Sanjaya. 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham Perbankan yang Listing Bursa Efek Indonesia. Skripsi S1. Semarang:Universitas Diponegoro.

Martono. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia

Maryanto Supriyono. 2011. Buku Pintar Perbankan. Yogyakarta: Andi Offset

Mohamad Samsul. 2006. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga.

Pasolong, Harbani. 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 (2015)

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 31 (2015)

Ratna Purwasih. 2010. Pengaruh Rasio CAMEL Terhadap PerubahanHarga Saham Perusahaan Perbankan yang GoPublic di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2006 – 2008. Skripsi S1. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunariyah. 2011. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Edisi Keenam. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Toto Prihadi. 2012. Memahami Laporan Keuangan Sesuai IFRS dan PSAK. Cetakan kesatu. Jakarta: Penerbit PPM.

www.idx.co.id

www.sahamok.com

www.duniainvestasi.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.