PENGARUH STRUKTUR LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PADA PT. ADARO ENERGY DAN PT. INDIKA ENERGY TAHUN 2011-2015

Yasman Eli Waruwu, Ketut Sunarta, Dessy Herlisnawati

Abstract


Salah satu rasio yang banyak digunakan untuk mengambil keputusan investasi adalah return on asset (ROA), dimana rasio ini menggambarkan tingkat laba yang diperoleh perusahaan dengan tingkat investasi yang ditanamkan. Para investor perlu mengetahui kesehatan perusahaan melalui perbandingan antara modal sendiri dan modal pinjaman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh struktur leverage dan profitabilitas  terhadap return saham pada  PT. Adaro Energy dan PT. Indika Energy tahun 2011-2015. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Debt to Equity Ratio (DER), Return on Asset (ROA) sebagai variabel independen dan return saham sebagai variabel dependen. Leverage merupakan kemampuan perusahaan dalam memenuhi pembayaran semua kewajibannya, baik kewajiban jangka pendek maupun kewajiban jangka panjang. Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri. Return  saham adalah pengembalian saham beserta hasilnya dari pihak broker atau perusahaan kepada investor yang telah melakukan investasi pada perusahaan tersebut akibat suatu hal.

 

Kata Kunci : Struktur Leverage, Profitabilitas dan Return Saham


Full Text:

PDF

References


Agnes Sawir. 2009. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaa. Gramedia, Jakarta.

Brigham, Eeugene F., dan Joel F. Hoouston. 2009. Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan. Alih Bahasa : Dodo Suharto. Erlangga, Jakarta.

Brigham, Eeugene F., dan Joel F. Hoouston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Essentials Of Financial Management. Buku 1. Edisi 11, Salemba Empat, Jakarta.

Fakhruddin dan Tjiptono Darmadji, 2011. Pasar Modal Di Indonesia. Edisi Ketiga. Salemba Empat, Jakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2009. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Hartono. 2009. Teori Fortofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta. BPFE.

Mamduh, M.Hanafi dan Abdul Halim, Analisis laporan Keuangan, UPP AMP YKPN, Yogyakarta. 2008.

Martono. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan, Ekonosia, Jakarta.

Munawir, S. 2012. Analisis Laporan Keuangan, Liberty, Yogyakarta.

Syamsuddin, Lukman. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan:Konsep Aplikasi Dalam Perencanaan, Pengawasan, Dan Pengambilan Keputusan. PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Winarno, Dede. 2012. Pengaruh Profitabilitas, Struktur modal, Dan Operating Cash Flow, Terhadap Return Saham. Skripsi: Universitas Negeri Padang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.