PENGARUH EARNING PER SHARE, DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY DAN DIVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN LQ-45 DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012 - 2016

Kinanti Virginiawati Dewi, Arief Tri Hardiyanto, Retno Martanti Endah Lestari

Abstract


Investasi adalah suatu permintaan terhadap barang atau jasa untuk menciptakan atau menambah kapasitas produksi atau pendapatan di masa yang akan dating. Tujuan seseorang berinvestasi adalah untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak dimasa yang mendatang, mengurangi tekanan inflasi dan dorongan untuk menghemat pajak. Salah satu jenis investasi yangs angat menarik namun beresiko tinggi adalah saham. Semakin besar suatu investasi saham semakin banyak pula return yang di harapkan, namun semakin tinggi pula resiko yang akan ditanggung (high risk high return).

Dalam penelitian ini penulis menggunakan 4 (empat) rasio keuangan, yaitu EPS, DER, ROE dan DPR. Penulis menggunakan metode purposive sampling dalam pengambilan sampel. Dari 79 perusahaan LQ-45 yang terdaftar di BEI, penulis mengambil 4 perusahaan sebagai sampel dalam periode Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial hanya variable EPS dan DER yang memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan untuk variable ROE dan DPR tidak meiliki pengaruh terhadap harga saham. Secara simultan, semua variable independen (EPS, DER, ROE dan DPR) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham.

 

Kata Kunci : Earning Per Share, Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Dividend Payout Ratio dan Harga Saham


Full Text:

PDF

References


Arwanta, E. dan Gantyowati. E. (2004), Kemampuan Prediksi Rasio Keuangan Terhadap Harga Saham : Suatu Studi Empiris Menurut Sudut Pandang Kepentingan Investor, Kajian Bisnis STIE Widya Wiwaha (12:1), pp. 25- 40.

Ellyn, Octavianty dan Fridayana, Aprilia (2014), Pengaruh Earning Per Share (EPS), Book Value Per Share (BVS), Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham Perusahaan BUMN yang Terdaftar di BEI, Bogor, Universitas Pakuan.

Ewijaya dan Indriantoro (1999), Analisis Pengaruh Pemecah Saham Terhadap Perubahan Harga Saham, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol. 2, No. 1:53-65

Gitman, Lawrence , J. (2000), Prince of Managerial Finance, 9th edition, Boston : Addison Wesley.

Ghozali, Imam (2005), Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi 3), Universitas Diponegoro, Semarang.

Keiso, Donald E.,et.al. (2006), Accounting Principles, 7th Edition, Wiley International Edition, USA.

Mursidah, Nurfadillah (2011), Analisis Pengaruh Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER) dan Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham PT Unilever Indonesia Tbk., Samarinda, STIE Muhammadiyah Samarinda.

Mas’ud, M. dan Kurniati. (2005), Analisis Fundamental Sebagai Landasan Dasar Pengambilan Keputusan Investasi Pada Perusahaan Telekomunikasi yang Go Public di BEJ, Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Bisnis (3:1), pp. 64-86.

Murtini, U. dan Mareta. S. (2005), Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Harga Saham, Jurnal Riset Manajemen, Akuntansi dan Bisnis (3:1), pp. 106-134

Nuringsih, Kartika (2005), Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Hutang, ROA, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Devidend (Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia 1995-1996), Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Vol. 2 No. 2 pp 103-123.

Purwanto, A. dan Haryanto (2004), Pengaruh Beberapa Rasio Keuangan dan Nilai Tambahan Ekonomis Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Akuntansi dan Auditing (1:1), pp. 17-33.

Panggabean, R.L.J. (2005), Analisis Perbandingan Korelasi EVA dan ROE Terhadap Harga Saham LQ 45 di Bursa Efek Jakarta”, Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (3:5), pp. 51-70.

Santoso, Singgih (2002), Buku Latihan SPSS; Statistik Multivariat, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Santoso, Singgih (2003), Buku Latihan SPSS – Statistik Parametrik, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sofyan, Siregar (2013), Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perhitungan Manual & SPSS, Prenada Media Grup, Jakarta.

Sutawijaya, A. (2005), Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Investasi Swasta, Jurnal Ekonomi STEI (1:28), pp. 73-87.

Suharli, M., (2005), Studi Empiris Terhadap Dua Faktor yang Mempengaruhi Return Saham Pada Industri Food and Beverages di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Akuntansi dan Keuangan (7:2), pp. 99-116.

Tristriarto, Yoko (2006), Pengaruh Faktor Fundamental dan Teknikal Terhadap Harga Saham di Bursa Efek Jakarta, Equity (4:2), pp.61-71.

Yulian, N.T. (2004), Analisis Pengaruh Earning Per Share, Book Value, dan Debt Equity Ratio Terhadap Harga Saham, Jurnal Ekonomi (1:1), pp. 103-121.

White, G.I., Sondhi, A.C., and Fried, D. (2003), The Analysis and Use of Financial Statement”, 3rd edition, New York : Wiley International.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.