ANALISIS PRODUKTIVITAS PARSIAL TERHADAP LABA DI PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT JAKARANA TAMA FOOD INDUSTRY)

Nita Elen S, Arief Tri Hardiyanto, Salmah Hadi Azzubaidi

Abstract


PT Jakarana Tama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan cepat sajai, salah satu produk yang dihasilkan adalah mie instant. Peningkatan persaingan global dan perkembangan teknologi yang cepat menyebabkan manajemen harus selalu tanggap menghadapi perubahan produktivitas sumber daya maupun peluang dan perubahan pemasaran. Produktivitas parsial merupakan rasio tingkat output yang dicapai terhadap sumber daya input yang digunakan dalam operasi, salah satu cara menilai pengaruh perubahan produktivitas adalah dengan menghitung dampak perubahan produktivitas terhadap laba tahun ini yang mempengaruhi efisiensi penggunaan input. Ukuran ini disebut profit-linked productivity. Tujuan penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui pengukuran produktivitas parsial. (2) Untuk mengetahui laporan laba rugi serta perubahan laba masing-masing periode. (3) Untuk mengetahui analisis produktivitas parsial terhadap laba.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini digunakan untuk mengetahui hubungan maupun perbandingan dengan variabel lain dalam unit analisis yang terdapat pada PT Jakarana Tama Food Industry.

Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa produktivitas parsial yang digunakan oleh perusahaan sebagai ukuran produktivitasnya ternyata mampu meningkatkan laba dalam tahun yang berjalan dibandingkan tahun sebelumnya. Sehingga dapat disimpulkan, parsial tenaga kerja dan energi meningkat signifikan sementara parsial material dan modal meningkat namun tidak signifikan.

 

Kata Kunci:    Produktivitas parsial, Laba, Laba Rugi


Full Text:

PDF

References


Andi Setyawan (2015), Mempelajari Total Productive Maintenance (Studi Empiris pada PT. Jakarana Tama Food Industry), Laporan Akhir, Bogor, Institut Pertanian Bogor

Asli Nuryadin (2012), Manajemen Perusahaan. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Dani Zulhaidar (2013), Analisis Produktivitas Parsial Tenaga Kerja, Modal, Material, dan Energi (Studi Empiris pada PT. Pumarin (Pusaka Marmer Indahraya), Skripsi, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia

Darsono Prawironegoro dan Ari Purwanti (2008), Akuntansi Manajemen. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Don R. Hansen dan Maryanne M. Mowen (2013), Accounting Managerial : Akuntansi Manajerial, Buku 2, Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

Edward J. Blocher, Kung H. Chen, Gary Cokins Thomas W. Lin (2007), Cost Management : Manajemen Biaya Penekanan Strategis, Buku 2, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi (2007), Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

V.Wiratna Sujarweni (2014), Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami, Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.