PENGARUH DIVIDEN DAN TINGKAT PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2011-2015

Gilang Ramadhan, Satsangkaryon, Lia Dahlia Iryani

Abstract


Dividen adalah proporsi pembagian laba yang diperoleh perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham perusahaan. Apabila perusahaan penerbit saham mampu menghasilkan laba yang besar maka ada kemungkinan pemegang sahamnya akan menikmati keuntungan dalam bentuk dividen yang besar pula. Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Profit atau laba menjadi elemen penting dalam menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Bagaimana laba yang dihasilkan tersebut dapat memaksimumkan kemakmuran pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dividen, tingkat profitabilitas, dan nilai perusahaan pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI. Dan untuk mengetahui pengaruh dividen dan tingkat profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI. Berdasarkan hasil penelitian dan uji statistik yang telah dilakukan, variabel Dividend Payout Ratio secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Price to Book Value. Karena dari output uji t menunjukkan hasil koefisien regresi variabel DPR yaitu 3,648. Nilai ini lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,074. Variabel Return on Assets secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Price to Book Value. Karena dari output uji t menunjukkan hasil koefisien regresi variabel ROA yaitu 3,053. Nilai ini lebih besar dari nilai ttabel yaitu sebesar 2,074.

Kata kunci: Dividend Payout Ratio, Return on Assets, dan Price to Book Value


Full Text:

PDF

References


Ayuningtias, Dwi dan Kurnia (2013), Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan: Kebijakan Dividen dan Kesempatan Investasi sebagai Variabel Antara, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 1, No. 1.

Brigham, Eugene F dan Joel F Houston (2011), Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Buku 2, Edisi 10. Alih bahasa: Ali Akbar Yulianto, Jakarta, Salemba Empat.

Bungin, M. Burhan (2014), Metodologi Penelitian Kuantitatif, Edisi Kedua, Jakarta, Kencana.

Darmadji, Hendy M Fakhrudin (2012), Pasar Modal Indonesia Pendekatan Tanya Jawab, Jakarta, Salemba Empat.

Dewi, Ayu Sri Mahatma dan Ary Wijaya (2013), Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4.2, Hal. 358-372, ISSN: 2302-8556.

Fahmi, Irham (2012), Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab, Bandung, Alfabeta.

Fenandar, Ghany Ibrahim dan Surya Raharja (2012), Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Vol. 1, Hal. 1-10.

Halim, Abdul (2015), Manajemen Keuangan Bisnis, Jakarta, Mitra Wacana Media.

Handayani, Dwi (2011), Pengujian Reaksi Pasar dalam Merespon Pengumuman Dividen Meningkat (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia), Skripsi, Lampung, Universitas Lampung.

Harahap, Sofyan Syafri (2013), Teori Akuntansi, Jakarta, Rajawali Pers.

Harjito, Agus dan Martono (2010), Manajemen Keuangan, Edisi Kedua, Yogyakarta, Ekonisia.

Harmono (2011), Manajemen Keuangan, Jakarta, Bumi Aksara.

Hermuningsih, Sri (2013), Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Publik di Indonesia, Artikel, Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan.

Hery (2015), Analisis Laporan Keuangan, Yogyakarta, CAPS.

Husnan, Suad (2010), Manajemen Keuangan, Yogyakarta, BPFE.

Jogiyanto (2010), Teori Portfolio dan Analisis Investasi, Edisi Kedua, Yogyakarta, BPFE.

Kasmir (2010), Analisis Laporan Keuangan, Jakarta, Rajawali Pers.

Lestari, Retno Martanti Endah dan Putri Puspita (2015), Komparasi Pengaruh Arus Kas Terhadap Nilai Perusahaan Antara PT Hero Supermarket Tbk dengan PT Matahari Putra Prima Tbk., Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan, Vol. 1, No. 1, Hal. 33-37, E-ISSN: 2502-4159.

Maimunah, Siti dan Suhaila (2014), Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan, Vol. Semester II, Hal. 43-49.

Mamduh, M. Hanafi (2012), Manajemen Keuangan, Yogyakarta, BPFE.

Mukhtaruddin, Ika Sasti, dan Claudya Nurcahaya (2014), Ownership Structure and Firm Values: Empirical Study on Indonesia Manufacturing Listed Companies, International Refeed Research Journal, Vol. V, Issue. 4, Hal. 1-15, ISSN: 2231-4172, dari http://www.e-resources.pnri.go.id/

Nazir, Moh. (2014), Metode Penelitian, Bogor, Ghalia Indonesia.

Noerirawan, Moch. Roni (2011), Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan, Skripsi, Semarang, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Prapaska, Johan Ruth dan Siti Mutmainah (2012), Analisis Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2009-2011, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Vol. 1, Hal. 1-12.

Prawironegoro, Darsono (2010), Manajemen Keuangan, Jakarta, Nusantara Consulting.

Prihadi, Toto (2010), Analisis Laporan Keuangan Teori dan Aplikasi, Jakarta, PPM.

Priyatno, Duwi (2016), SPSS Handbook: analisis data, olah data, & penyelesaian kasus-kasus statitistik, Yogyakarta, Mediakom.

Qodariyah, Silvia Lailiyah (2013), Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan, Skripsi, Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rassri, Ni Luh Putu dan I Ketut Mustanda (2014), Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Hal. 1700-1718.

Rodoni, Ahmad dan Herni Ali (2014), Manajemen Keuangan Modern, Jakarta, Mitra Wacana Media.

Saidi (2010), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Go Public di BEI, Jakarta, Universitas Trisakti.

Santoso, Singgih (2012), Analisis SPSS pada Statistik Parametrik, Jakarta, Elex Media Komputindo.

Septia, Ade Winda (2015), Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI, Skripsi, Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta.

Soewadji, Jusuf (2012), Pengantar Metodologi Penelitian, Jakarta, Mitra Wacana Media.

Sudana, I Made (2011), Manajemen Keuangan Perusahaan (Teori dan Praktik), Jakarta, Erlangga.

Sutrisno (2010), Manajemen Keuangan (Teori, Konsep, dan Aplikasi), Yogyakarta, Ekonisia.

Tandelilin, Eduardus (2010), Portfolio dan Investasi, Edisi Pertama, Yogyakarta, Kanisius.

Wahyudiono, Bambang (2014), Memahami Laporan Keuangan, Jakarta, Raih Asa Sukses.

Wijaya dan Wibawa (2010), Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan, Simposium Nasional Akuntansi XIII, Hal. 1-21.

Wild, K. R. Subramanyam dan Robert F. Hasley (2011), Analisa Laporan Keuangan, Edisi 8, Buku 1 dan 2, Penerjemah Yanivi S. Bakhtiar, Jakarta, Salemba Empat.

Yustitianingrum, Ika Yoana (2013), Pengaruh Dividen, Kebijakan Hutang, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia, Skripsi, Semarang, Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.