ANALISIS CIRI KEBAHASAAN PADA TEKS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 BOGOR

Siti Nurhanifah

Abstract


ABSTRAK

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ciri kebahasaan yang terdapat pada teks iklan siswa dan mengetahui ciri kebahasaan yang dominan terdapat pada teks iklan siswa. Fokus permasalahan penelitian ini pada ciri kebahasaan teks iklan siswa yang berupa kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat seruan, kalimat persilaan, kalimat ajakan, dan kalimat larangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pencatatan. Objek penelitian, yaitu ciri kebahasaan yang terdapat pada teks iklan siswa. Data ciri kebahasaan teks iklan siswa berupa kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat seruan, kalimat persilaan, kalimat ajakan, dan kalimat larangan. Sumber penelitian, yaitu teks iklan yang dibuat oleh siswa kelas VIII. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam teks iklan siswa telah ditemukan 151 data ciri kebahasaan dari 30 teks siswa yang dianalisis. Pada penelitian ini, dalam teks iklan siswa ditemukan adanya ciri kebahasaan 1) Kalimat berita sebanyak 82 menjadi 54,30%, 2) Kalimat tanya sebanyak 7 menjadi 4,63%, 3) kalimat perintah sebanyak 18 menjadi 11,92%, 4) kalimat seruan sebanyak 8 menjadi 5,29%, 5) kalimat persilaan sebanyak 10 menjadi 6,62%, 6) kalimat ajakan sebanyak 20 menjadi 13,24%, dan 7) kalimat larangan sebanyak 6 menjadi 3,97%. Berdasarkan data analisis tersebut, dapat diketahui bahwa ciri kebahasaan teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bogor yang paling banyak atau yang sering muncul, yaitu kalimat berita sebanyak 82 yang dipersentasekan menjadi 54,30% karena siswa lebih sering memakai kalimat berita untuk menginformasikan mengenai keunggulan produk, barang atau makanan yang dijual, alamat, serta informasi kontak yang digunakan oleh produk yang diiklankan. Ciri kebahasaan yang paling sedikit, yaitu kalimat larangan sebanyak 6 kutipan yang dipersentasekan menjadi 3,97%.

 

Kata kunci: Ciri Kebahasaan, teks iklan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.