PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 19 KOTA BOGOR

Utami Hidayati

Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Outdoor Study dalam meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 19 Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes, angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Kota Bogor. Sampel yang diperoleh adalah VII-I sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan VII-G sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil prates menulis teks laporan hasil observasi pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata  39,14 sedangkan pada tes akhir (postes) menulis teks laporan hasil observasi pada kelas eksperimen dengan menerapkan metode outdoor study mengalami peningkatan dengan hasil nilai rata-rata 80,29 Berdasarkan perhitungan mean diperoleh harga thitung =3,06 dan d.b = 60. Dengan demikian nilai thitung jauh lebih besar dari pada ttabel karena nilai thitung <ttabel yaitu 1,67 <3,06> 2,39. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode  pembelajaran tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Hipotesis kedua, teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran outdoor study dapat meningkatkan keterampilan dan terdapat kendala dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 19 Kota Bogor.

 

Kata kunci: outdoor study. Teks laporan hasil observasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.