PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK PENJURUSAN SMA BERDASARKAN TES JURUSAN BERBASIS WEB (Studi Kasus SMA Negeri 1 Citeureup)

Andreas Dede Hari, Eneng Tita Tosida, Boldson Herdianto Situmorang

Abstract


Penjurusan SMA merupakan titik awal yang menentukan profesi di masa depan, salah satu peran SPK dibidang pendidikan yaitu pada proses pengambilan keputusan untuk pemilihan jurusan IPA atau IPS pada siswa Sekolah Menengah Atas, yang sifatnya dapat membantu pengambil keputusan dalam memberikan jurusan yang tepat bagi siswa, di mana hasil keputusan ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk membantu guru dalam mengambil keputusan. Untuk mendukung hal tersebut maka diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang berupa tes penjurusan berbasis web dan mampu memberikan keputusan terhadap proses penentuan jurusan yang tepat untuk siswa di SMA. Sistem ini mengimplementasikan Logika Fuzzy dengan metode Simple Additve Weighting. Pada metode ini bekerja dengan mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut atau mata pelajaran yang mengacu pada penjurusan IPA dan IPS. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian System Development Life Cycle (SDLC), Tahapan-tahapan pelaksanaan penelitian berupa Perencanaan, Analisis, Perancangan, Implementasi, Uji Coba dan Penerapan. Hasil pengujian menunjukan bahwa metode Simple Additive Weighting bisa diterapkan dalam menentukan jurusan. Kata Kunci : Tes Penjurusan SMA, Simple Additive Weighting Untuk Penjurusan SMA.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.