APLIKASI PENGELOLAAN SURAT KELUAR PADA DIVISI MAIL DELIVERY (Studi Kasus PT. Aeon Credit Service Indonesia)

Asep Mahfud, Tjut Awaliyah Zuraiyah, Eneng Tita Tosida

Abstract


Teknologi informasi dari waktu kewaktu berkembang sangat cepat dan berpengaruh
terhadap berbagai aspek kehidupan di dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya.
Terutama perusahaan-perusahaan yang memiliki akses pengolahan data yang besar ,karena
pengolahan data sudah tidak mungkin lagi menggunakan cara manual karena kurang efektif dan
efisien. PT. Aeon Credit Service Indonesia ( AEON CSI ) adalah perusahaan yang bergerak
dibidang bisnis pembiayaan konsumen. Aeon Credit Service Indonesia meupakan jenis usaha
financial yang bergerak dibidang jasa perkreditan yang bertujuan untuk memuaskan konsumen
dengan cara mendukung kehidupan sehari – hari melalui pembiayaan konsumen . Dalam
kegiatan bisnisnya membutuhkan kontrol terhadap pengiriman dokumen pada bagian mail
delivery untuk mengelola surat yang dikeluarkan oleh PT Aeon Credit Service Indonesia. Jenis
surat yang dikirim adalah payment advice dan kartu member express card, dimana dalam
prosesnya dilakukan dengan teliti supaya tidak ada kesalahan dalam pengiriman surat terhadap
konsumen
Aplikasi Pengelolaan Surat Keluar Pada Divisi Mail Delivery dibuat dengan Visual Basic
6.0, Microsoft Office Access 2007 dan crystal Report 8.5 dan UML (Unified Modelling
Language) untuk membuat rancangan sistemnya. Sistem ini menyimpan data Customer, data
pengiriman surat, data surat return, dan data complaint customer. Analisa sistem yang dibuat
secara user friendly dapat membantu user atau pihak perusahaan dalam mengolah data yang ada
secara lebih cepat akurat dan praktis.
Kata kunci : Aplikasi Pengelolaan Surat Keluar, PT. Aeon Credit Service Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.