ANALISIS PENGENDALIAN MUTU PADA PROSES PRODUKSI AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) YASMIN DI PT. JAYA LESTARI SEJAHTERA

Hilmy Pandu Oktapriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui proses produksi air minum dalam kemasan di PT. Jaya Lestari Sejahtera. (2) Menganilisis pengendalian mutu pada proses produksi air minum dalam kemasan. (3) Mengidentifikasi sebab-sebab potensial yang mempengaruhi mutu air minum dalam kemasan di PT. Jaya Lestari Sejahtera. (4) Mengetahui apakah proses pengendalian mutu pada proses produksi tersebut terkendali atau tidak terkendali.
Data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pengamatan langsung di lapangan dan melalui wawancara dengan pihak perusahaan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari data perusahaan, bahan pustaka yang berkaitan dengan kebutuhan penelitan. Analisis data menggunakan diagram sebab akibat dan grafik kendali. Data kuantitafi diperoleh diolah dengan bantuan alat pengolahan data IBM SPSS Statistic 23.
Faktor-faktor yang menyebabkan produksi mendurun adalah proses produksi yang tidak terkendali, seperti : 1. Kondisi bahan baku. 2. Mesin yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga operator harus melakukan backwash. 3. Filter Cartridge tidak berfungsi dengan baik atau tersumbat, sehingga operator harus melakukan penggantian filter tersebut. 4. Terjadi kesalahan pengujian yang disebabkan oleh daya fungsi alat uji yang sudahk maksimal atau kesalahan metode dari petugas QC. 5. Lingkungan yang tidak steril dan bersih.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.