ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PENDERITA PENYAKIT THALASSEMIA DI RUMAH SAKIT SENTRA MEDIKA CISALAK DEPOK

Edi Putra Telaumbanua

Abstract


Kurangnya kualitas pelayanan di Rumah sakit sentra Medika Cisalak selama ini menyebabkan pasien mengeluh dan tidak terima atas pelayanan yang diterima setelah berobat di rumah sakit tersebut yang dikuatkan dengan beberapa keluhan pasien yang berkunjung,sehingga diperlukan adanya penelitian antara tingkat kepuasan konsumen sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen di Rumah Sakit Sentra Medika Cisalak Depok. Penelitian mengenai kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen di Rumah Sakit Sentra Medika Cisalak Depok, dengan menggunakan data primer dan sekunder dengan 100 responden. Metode penarikan sampling menggunakan rumus slovin dan menggunakan metode kualitatif. Untuk mencari kepuasan konsumen dengan cara menghitung tingkat kesesuaian antara tingkat kinerja dan harapan serta menggunakan diagram kartesius. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kinerja dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati dinilai baik dengan kisaran 60 – 79,9%. Tingkat kesesuaian skor ratarata keseluruhan antara atribut kinerja dan harapan dengan nilai 130,95%, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan Rumah Sakit Sentra medika Cisalak Depok sangat memuaskan. Berdasarkan diagram kartesius sebagian besar atribut berada pada kuadran D yaitu keandalan, daya tanggap, empati, berarti harus melakukan evaluasi dan peningkatan kualitas pelayanan. Sedangkan pada kuadran A pada pelaksanaanya belum memuaskan dan perlu adanya perubahan yang dilakukan yaitu meningkatkan kemampuan para medis pada posisi masingmasing.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.