Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament

Abdul Sobari, Nedin Badruzzaman, Sandi Budiana

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan secara kolaboratif menggunakan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 5 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor yang terdiri dari 30 siswa, dengan komposisi 19 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai 74,47 dan penilaian siklus II memperoleh nilai 85,79, begitu pula hasil observasi perubahan perilaku siswa, pada siklus I memperoleh nilai 69,90 sedangkan siklus II memperoleh nilai 85,10. Selanjutnya penilaian ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,61 dengan hasil ketuntasan 76,67%, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,00 dengan hasil ketuntasan 86,67%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa adanya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 5 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan kedisiplinan, kerjasama dan keaktifan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.