PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUBTEMA SUMBER ENERGI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Arni Sinaga

Abstract


Penelitian ini dengan desain pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar subtema sumber energi siswa kelas IV melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Leuwinutug 01 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor yang terdiri dari 32 siswa, dengan komposisi perempuan 8 siswa dan laki-laki 24 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti, pada siklus I memperoleh rata-rata 89 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 90 dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 93 yaitu termasuk interprestasi sangat baik.  Pada penilaian hasil belajar aspek sikap Siklus I mencapai persentase hasil 65,625% sedangkan Siklus II mencapai ketuntasan persentasi hasil 84,37% selanjutnya Siklus III mencapai ketuntasan persentasi hasil 90,62% yang artinya penelitian berhasil. Hasil belajar aspek pengetahuan Siklus I mencapai persentase hasil 56,25% sedangkan pada Siklus II mencapai persentase hasil 81,25%, sedangkan pada Siklus III mencapai persentase hasil 90,62% yang artinya penelitian berhasil. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan pada subtema sumber energi.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, PBL, Pendekatan Saintifik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.