HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Angi Thoyiba, Nedin Badruzzaman, Sandi Budiana

Abstract


Penelitian ini menggunakan studi korelasional yang terdiri dari disiplin belajar variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimanggu Kecil Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, sampel yang diambil sebanyak 52 siswa yang dihitung menggunakan rumus Taro Yamaro. Pengujian persyaratan analisis berupa uji normalitas dan Liliefors untuk variabel disiplin belajar dengan prestasi belajar menunjukan bahwa Lhitung < Ltabel 0,111 < 0,122 artinya kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Setelah uji normalitas kemudian dilakukan uji homogenitas menggunakan uji Fisher menunjukan bahwa Fhitung < Ftabel yaitu 1,26 < 4,03 yang berarti kedua variabel dari populasi yang berdistribusi homogen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi dan korelasi sederhana, dimana kedua analisis tersebut menghasilkan suatu hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi Ẏ = 9,92 + 0,86X bersifat signifikan. Kekuatan hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa koefisien determinasi (KD) = 0,91 menujukan bahwa 91% rata-rata prestasi belajar ditentukan oleh disiplin belajar. Kemudian dilihat dari hasil perhitungan semua data H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar.
Kata kunci: Disiplin Belajar, Prestasi Belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.