PERBEDAAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Farah Sekarsari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal komparatif dengan metode eksperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif make a match dan model pembelajaran kooperatif examples non examples . Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Polisi 1 Kota Bogor kelas VA, VB, dan VC pada bulan April semester genap. Perhitungan N-Gain pada ketiga kelompok diperoleh nilai N-Gain model pembelajaran kooperatif make a match sebesar 76,38 dengan kriteria tinggi, nilai N-Gain model pembelajaran kooperatif examples non examples sebesar 69,32 dengan kriteria sedang, nilai N-Gain model pembelajaran konvensional sebesar 54 dengan kriteria rendah, sehingga nilai N-Gain pada kelas eksperimen 1 lebih besar dari kelompok kelas eksperimen 2 maupun kelas kontrol. Peneliti juga melalukan uji normalitas dengan uji lilliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas make a match di dapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,07 ≤ 0,151, pada kelompok kelas examples non examples didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,14 ≤ 0,151 pada kelompok kelas konvensional didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,10 ≤ 0,154 Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai א2hitung sebesar 5,112 Lebih kecil dari א2tabel yaitu 5,991.Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan nilai thitung sebesar 5,450 Lebih besar dari ttabel sebesar 1,99714, menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan alam antara model pembelajaran kooperatif make a match dan model pembelajaran kooperatif examples non example,  dengan kata lain bahwa model pembelajaran kooperatif make a match lebih efektif dari model pembelajaran kooperatif examples non examples pada mata pembelajaran ilmu pengetahuan alam.

 

Kata Kunci : Make A Match, Examples Non Examples, Hasil Belajar

ABSTRACT

This research is causal comparative quantitative research by using quasi experiment. Purpose of this research is to find out the differences between learning achievement of Science subject by using Cooperative Learning make a match model and examples non examples model. This research is conducted in class VA, VB and VC of Sekolah Dasar Negeri Polisi 1 Bogor, at April of even semester. N-Gain calculation score of cooperative learning make a match is 76,38 with the high criteria, N-Gain score of cooperative learning examples non examples is 69,32 with medium criteria and N-Gain score of conventional learning model is 54 with low criteria. Based on the data, N-Gain score in experiment class 1 is higher than experiment class 2 and the control class. The researcher also does normalization test by lilliefors test of three samples in normal distribution, because score of three samples are lower than Ltable. Score of make a match class is Lcal ≤ Ltable, 0,07 ≤ 0,151, score of examples non examples class is Lcal ≤ Ltable , 0,14 ≤ 0,151 and score of conventional class is Lcal ≤ Ltable 0,10 ≤ 0,154. Then, score of the homogeneity test is א2cal, 5,112 lower than א2 table, 5,991. Then, tcal of hypotheses test is 5,450 higher than ttable 1,99714, it shows that H0 (null hypotheses) is rejected and Ha (alternative hypotheses) is accepted. Based on the result of this research, it shows that there is difference of learning achievement of Science by using Cooperative Learning make a match and Cooperative learning examples non examplesit means that cooperative learning model make a match is more effective than cooperative learning examples non examples model in Science learning subject.

 

Key Word: Make a Match, Examples Non Examples, learning achievement


Refbacks

  • There are currently no refbacks.