PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CRH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATAPELAJARAN IPS

destri destri

Abstract


Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 32 terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh pesertase sebesar 76,5% dan pada siklus II  meningkat menjadi 87%. Sedangkan, perubahan sikap siswa meliputi keaktifan, tanggung jawab, dan kerjasama. Pada perubahan sikap siswa siklus I  nilai rata-rata perilaku siswa yaitu 71%, dan pada siklus II nilai perubahan sikap siswa meningkat menjadi 86,6%.Begitu pula nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar pada siklus I yaitu 71,13 dengan persentase 46,87%,. Sedangkan siklus II nilai rata-rata 78,22 dengan persentase 87,50%. Dari siklus I dan Siklus II  tejadi peningkatan sebesar 40,63% dan penelitian berhasil. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay dapat memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor.

 

Kata Kunci: Hasil belajar, CRH, IPS.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.