PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Nurtami Hapsari

Abstract


Abstrak

Nurtami Puji Hapsari. 037113273. Pengaruh Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2017.Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif asosiatif dengan jenis penelitian survey kausal yang terdiri dari percaya diri sebagai variabel bebas dan hasil belajar bahasa Indonesia sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh percaya diri terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bondongan kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor yang terdiri dari 57 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas dengan uji Liliefors untuk variabel percaya diri dan hasil belajar bahasa Indonesia menunjukkan bahwa Lhitung < Ltabel =  0,1044 < 0,1174 artinya kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Setelah uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas menggunakan uji Fisher menunjukkan bahwa Fhitung < Ftabel = 0,57 < 4,02 yang berarti kedua data variabel dari populasi yang berdistribusi homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif percaya diri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia. analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,92 dan diperoleh thitung sebesar 44,38. Ini menunjukkan adanya pengaruh percaya diri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,93 atau sebesar 93% ditentukan oleh percaya diri, melalui persamaan regresi Ŷ = 31,28+ 0,455X. sisanya sebesar 7% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif percaya diri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indoenesia maka harus meningkatkan percaya diri.

      

 

 

Kata kunci: Percaya diri, Hasil Belajar Bahasa Indonesia.

 

ABSTRACT

 


Nurtami Puji Hapsari. 037113273. The Influence of Self-Confidence on Learning Outcomes in Indonesian Subjects. Essay. Primary School Teacher Education Study Program. Faculty of Teacher Training and Education. Pakuan University. Bogor. 2017. This research is categorized in associative quantitative research with the type of causal survey research consisting of self-confidence as independent variables and the result of learning Indonesian as a dependent variable. The purpose of this study is to determine the effect of confidence in learning outcomes Indonesian language. This research was conducted in May 2017. The subjects of this study are the students of grade V SDN Bondongan Bogor Selatan sub-district Bogor City which consists of 57 students. This study was conducted in the even semester of the academic year 2016/2017. Testing of prerequisite analysis in the form of normality test with Liliefors test for confident variable and learning result of Indonesian indicates that Lhitung <Ltabel = 0,1044 <0,1174 means that both variables are normal distribution. After the normality test, then the homogeneity test using Fisher test shows that Fhitung <Ftabel = 0,57 <4,02, which means the two variable data from homogeneous distributed population. The results showed that there is a positive influence of self-confidence on learning outcomes in Indonesian subjects. Statistical analysis resulted in correlation coefficient (rxy) value of 0.92 and obtained t count of 44.38. This shows the effect of confidence on learning outcomes in Indonesian subjects, whereas the coefficient of determination (r²) of 0.93 or by 93% is determined by confidence, through the regression equation Ŷ = 31.28 + 0.455X. The remaining 7% is determined by other factors. Based on the results of the study can be concluded that there is a positive influence of self-confidence in learning outcomes in the subjects of the Indonesian.
       
Top of Form

Bottom of Form

 

 

 



Keywords: Confidence, Learning Results Bahasa Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.