HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI

nerawanti samsil

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian studi korelasional melalui pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 2 Kota Bogor dengan jumlah populasi sebanyak 95 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel dari perhitungan rumus adalah sebanyak 49 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis karangan deskripsi. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket berskala lima untuk variabel kecerdasan linguistik dan menggunakan tes tulis untuk variabel keterampilan menulis karangan deskripsi. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji Fisher, dan uji signifikan menggunakan thitung. Teknis analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi linier Ŷ = -43,24+1,08x. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel sebesar 23,5 > 1,677 menunjukan bahwa H0 ditolak Ha diterima yang diartikan terdapat hubungan positif antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis karangan deskripsi. Adapun kekuatan hubungan ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,977 termasuk kategori sangat kuat dan harga determinasi sebesar 92% yang berarti kecerdasan linguistik berkontribusi terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk memperbaiki keterampilan menulis karangan deskripsi siswa maka harus ditingkatkan kecerdasan linguistiknya.

 

Kata kunci : Kecerdasan linguistik, Keterampilan menulis, Karangan deskripsi


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.