HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Siti Romlah

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel konsep diri dan kemandirian belajar. Uji validitas instrumen konsep diri dan kemandirian belajar dihitung menggunakan rumus Product Moment Pearson dan untuk uji reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 120 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 60 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvai sampel dengan instrumen yang valid dan reliabel. Kemudian, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,75 dan diperoleh thitung sebesar 13,05. Ini menunjukan adanya hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,5625 atau sebesar 56,25%. Hal ini berarti nilai kemandirian belajar 56,25% ditentukan oleh konsep diri, melalui persamaan regresi Ŷ = 24,07 + 0,78x, bersifat signifikan, maka setiap peningkatan 1 unit konsep diri akan meningkat kemandirian belajar sebesar 0,78 unit. Adapun sisanya sebanyak 43,75% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar. Hal ini menunjukan bahwa untuk meningkatkan kemandirian belajar maka harus memperhatikan konsep diri siswa tersebut.

 

Kata kunci : Konsep Diri, Kemandirian Belajar

ABSTRACT

 

The purpose of this study is to find out whether there is a significant correlation between self concept and learning independence. In collecting the data, the questionnaire using Likert scale are used. The validity checking of the instruments of self concept and learning independence are using Pearson Product Moment formula then Alpha Cronbach formula are used to check reliability of the instruments. The population of this research are students of Sekolah Dasar Negeri Julang Bogor grade 4th academic year 2016/2017. The total numbers of students are 120. The writer uses Taro Yamane formula to take the sample with 10% of precision. The samples are 60 students. This quantitative research is done by checking the validity and reliability of the instrument which is then followed by surveying the sample with valid and reliable instruments. The result of the study shows that there is a correlation between self concept and learning independence. It is proved by the rxy is 0,75 and thitung  is13,05. Meanwhile, the r2 is 0,5625 or 56,25%. It means that the value of learning independence (56,25%) is determined by the self concept through the regression equation Ŷ = 24,07 + 0,78x, is significant. Then every 1 unit of self concept will increase 0,78 units of learning independence. While the rest (43,75%) are determined by the other factors. In conclusion, there is a correlation between self concept and learning independence.  The research shows that to improve learning independence, it must pay attention to the self concept.

 

Keywords             : Self Concept, Learning Independence


Refbacks

  • There are currently no refbacks.