RANCANG BANGUN ALAT PEMBERSIH DEBU PANEL SURYA (SOLAR CELL) SECARA OTOMATIS

EKO PRASETYO WIBOWO

Abstract


Faktor-faktor yang mempengaruhi optimal kinerja dari suatu panel surya adalah pengaruh suhu, shadding effect, dan bahan pembuat sel surya itu sendiri. Salah satu contohnya adalah apabila cover glass yang merupakan lapisan terluar dari suatu panel surya tertutupi oleh debu atau bahan penghalang lainnya maka hal tersebut menghalangi masuknya intensitas cahaya matahari dan sangat mempengaruhi proses efek fotolistrik pada panel sel surya tersebut sehingga energi listrik ysng dihasilkan tidak optimal, kejadian ini disebut dengan shadding effect. Alat Pembersih Debu Panel Surya Secara Otomatis pegoperasian dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari pada pagi hari dan siang hari, dengan secara otomatis yang sudah di program dengan menggunakan digital programmable timer dan secara manual dengan menggunakan modul bluetooth. Berdasarkan hal tersebut diatas maka alat pembersih debu solar cell secara otomatis hasil dari 5 kali pengujian solar cell tegangan rata-rata dalam keadaan tidak berbeban 19,56 Vdc dan tegangan rata-rata berbeban 12,52 Vdc. Hasil dari 5 kali pengujian solar cell saat terkena debu dan sesudah dibersihkan : tegangan rata-rata  maka tegangan rata-rata saat tertutp debu 11,28 Vdc dan tegangan rata-rata sesudah dibersihkan 11,70 Vdc.Hasil perhitungan nilai persentase total beban adalah 27,11 % dari daya baterai penuh.

Kata Kunci : Panel Surya, Mikrokontroller ATMEGA 328, Motor DC, Digital Timer.


Full Text:

PDF

References


Anto, Budi. (2014). Portable Battery Charge Berbasis Sel Surya. Universitas Riau. Pekan baru Riau. vol. 11, no. 1.

Antoni, Roza. (2015). Perancangan Sitem Pengaturan Kecepatan Motor DC Menggunakan ZIG BEE PRO Berbasis Arduino Uno ATMega 328. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Sumatera.

Suryoatmojo, Heri. (2014). Desain Dan Implementasi Konverter DC-DC Rasio Tinggi Berbasis Intergrated Qudratic Boost Zeta Untuk Aplikasi Photovoltaic. Institut Teknologi Sepuluh November. Jawa Timur. Vol. 5, no. 2.

Trisno, Bambang. (2013). Pemanfaatan Tenaga Surya Menggunakan Rancangan Panel Surya Berbasis Transistor 2N3055 Dan Thermoelectric Cooler. Universitas Pendidikan Indonesia. Jawa Barat. Vol. 12, no. 2.

Kalidas, Varda (2016). Wireless Communication Using HC-05 Bluetooth Module Interfaced With Arduino. Don Bosco Collage Of Engineering Fatorda. India. vol. 5, no.4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.