IMPLEMENTASI PJU PINTAR TERHADAP EFISIENSI KONSUMSI ENERGI LISTRIK DI JALAN RAYA PADJAJARAN KOTA BOGOR

NORMA PRATIWIRIANI

Abstract


Penerangan Jalan Umum (PJU) dibuat untuk mempermudah dan membantu manusia dalam melihat obyek sehingga dapat mengurangi terjadinya banyak kasus kejahatan, kecelakaan lalu lintas, dan akan berdampak buruk pada kehidupan sosial. Pada umumnya di kota-kota lampu PJU masih menggunakan jenis konvensional yang mengakibatkan pemborosan pemakaian daya listrik,. Tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang, di kota-kota besar saat ini pengelolaan dan pengawasan pada PJU sudah menggunakan sistem aplikasi PJU  pintar  melalui jaringan internet. Aplikasi PJU pintar itu sendiri dinamakan City Touch. Aplikasi City Touch adalah suatu sistem aplikasi yang digunakan untuk mengelola, mengendalikan dan mengatur aset pada penerangan jalan umum. Sistem ini terkoneksi Terkoneksi melalui jaringan nirkabel  komunikasi selular sehingga simple dan mudah dioperasikan. Fungsi pengelolaan PJU pintar itu sendiri yaitu untuk aktivasi / deaktivasi PJU dari jarak jauh, untuk pengaturan intensitas cahaya untuk masing-masing PJU, baik secara individual atau per kelompok, dan juga untuk pengaturan jadwal operasional dan peredupan berdasarkan calendar.

 

Kata Kunci : Penerangan Jalan Umum (PJU), PJU Pintar, Aplikasi City Touch.


Full Text:

PDF

References


Darmawan, Feby. 2016. Sistem Penerangan Jalan Protokol Melalui Penggunaan PJU Pintar (Smart Street Lighting) di Kota Bogor. Kasie Pembangunan PJU & Dekorasi Kota, Bidang PJU & Dekorasi Kota, Dinas

Kebersihan & Pertamanan. Bogor. 12.

SNI 0225. 2011. Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL). Badan

Standarisasi Nasinonal (BSN). Jakarta. 2.

SNI 7391. 2008. Spesifikasi Penerangan Jalan di Kawasan Perkotaan Badan Standarisasi Nasional. Jakarta. 8.

Asnal, Effendi. Aldifian, M. 2012. Perencanaan Penerangan Jalan Umum Jalan Lingkar Utara Kota Solok. Teknik Elektro Institut Teknologi Padang, Volume 1, No. 2. Sumatra Barat. 24-25.

Marshal, Reynaldo. dkk. 2012. Kajian Konservasi Energi Penggantian Lampu Jenis HPS dengan Jenis LED untuk Penerangan Jalan Umum Kabupaten Banjarnegara. Mahasiswa dan Dosen Jurusan Teknik elektro, Fakultas Teknik, Universitas Dipenogoro. Semarang. 4-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.