ANALISA SISTEM OTOMATIS HVAC (HEATING, VENTILATING, AIR CONDITIONING) PADA GEDUNG WISMA BCA PONDOK INDAH

Ade Firmansyah

Abstract


Dengan banyaknya pembangunan gedung-gedung di Indonesia, khususnya di Jakarta, untuk kebutuhan pemakaian energi listrik juga harus meningkat. Karena hal ini dimungkinkan penggunaan peralatan MEP (Mekanikal, Elektrikal, Plumbing) pada setiap gedung yang jumlahnya sangat banyak memerlukan energi listrik yang besar, untuk pengkonsumsian energi listriik yang paling besar dari keseluruhan pemakaian energi listrik pada gedung adalah untuk sistem tata udara atau HVAC (heating, ventilating and air conditioning).

Sistem HVAC (heating, ventilating and air conditioning) itu sendiri yang ada pada gedung WISMA BCA Pondok Indah dimanfaatkan untuk ruangan-ruangan yang terhubung dengan para karyawan dan nasabah, sehingga sistem HVAC (heating, ventilating and air conditioning) disini merupakan hal yang sangat penting, dan jenis peralatan sistem HVAC (heating, ventilating and air conditioning)yang digunakan berupa sistem tata udara sentral atau AC sentral dan nilai temperatur yang dijadikan standar menurut SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah sebesar 22ºC - 25ºC.

Dari hasil analisa dengan perbandingan  nilai temperatur sebesar 25ºC dan 22 ºC maka konsumsi energi listrik menurun dan kapasitas pendinginan  meningkat. Penggunaan BAS (Building Automation  System) sangat membantu teknisi dan hasil yang diperoleh juga sangat memuaskan.

Kata Kunci : BAS, HVAC, Chiller, AHU,

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.