PERANCANGAN DYNAMIC BRAKING PADA MOTOR INDUKSI TIGA FASA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16

Andreas Prabowo

Abstract


Pengereman pada motor induksi pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yang dapat menyebabkan kerugian mekanis sehingga berpengaruh pada umur motor induksi. Selain pengereman yang masih menggunakan cara konvensional, pengasutan pada motor induksi sendiri masih dilakukan dengan cara menghubungkan motor secara langsung ke jala-jala yang akan menarik arus yang sangat besar mencapai 5 - 7 dari arus nominal. Hal tersebut dapat menyebabkan drop tegangan sehingga dapat berpengaruh pada peralatan lain yang terpasang pada jalur yang sama.
Metode untuk pengereman motor dapat dirancang secara dinamik, dengan menginjeksikan arus searah pada kumparan stator motor secara sesaat sehingga menghasilkan torsi pengereman pada motor. Sedangkan untuk metode pengasutan, dapat menggunakan metode pengasutan soft starting. Soft starting dilakukan dengan menggunakan komponen elektronika daya yaitu triac.  Metode soft starting bertujuan untuk mengurangi arus start pada motor induksi. mikrokontroler ATmega 16 digunakan untuk mengontrol pengereman dinamik maupun pengasutan soft starting.
Pengereman secara dinamik dapat menghentikan motor induksi secara cepat tergantung pada besarnya arus injeksi DC yang diberikan. Sedangkan metode soft starting dapat digunakan untuk mengatur dan mengurangi arus pengasutan motor induksi, metode ini lebih baik dibandingkan metode DOL.

Kata Kunci : Dynamic Braking, Soft Starting, Triac, Motor Induksi 3 Fasa, Mikrokontroler.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.