PERANCANGAN PROTEKSI UNDER VOLTAGE DAN OVER VOLTAGE PADA MOTOR INDUKSI 3 FASA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA32

Didik Prasetyo

Abstract


Motor  Induksi  tiga  fasa  merupakan  salah  satu  motor  yang  banyak  digunakan  di  industri. Apabila    terjadi gangguan tegangan pada motor induksi tiga  fasa maka proses produksi akan terhenti dan mempunyai dampak  sangat  berbahaya. Gangguan tegangan motor induksi ini jika tidak segera diatasi dapat merusak motor itu sendiri dan industri akan mengalami kerugian cukup besar. 
Berdasarkan  masalah  tersebut,  maka  pada  tugas akhir  ini  penulis membuat  suatu  sistem  yang dapat mendeteksi serta mengamankan motor induksi tiga fasa dari gangguan tegangan. Tegangan yang diamankan pada pengaman ini adalah tegangan lebih, tegangan turun dan kegagalan fasa pada motor induksi tiga fasa.
Perancangan alat ini menggabungkan antara peralatan mikrokontroler ATmega32 dengan peralatan elektronik dan elektromagnetik, sehingga rangkaian mikrokontol dapat mengendalikan daya yang besar. Untuk menghindari lonjakan arus starting motor maka digunakan rangkaian starting Y/Δ. Motor hanya akan bekerja pada putaran nominal karena menggunakan proteksi tegangan yang mendeteksi tegangan pada rating 340-400 V

Kata kunci :    Proteksi, Under Voltage dan Over Voltage, Motor Induksi, ATMega32.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.