SISTEM PENGONTROLAN BEBAN DAYA LISTRIK BERBASIS MIKROKONTROLER ATMega 8535

ASEP IRVAN VAUZI

Abstract


Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberi kemudahan dalam kehidupan sehari hari terutama dalam sistem tenaga listrik. Salah satunya inovasi teknologi dalam sistem pembatas daya listrik yang semakin canggih. Pada umumnya sistem pembatas daya listrik konvensional hanya menggunakan MCB dimana penggunaannya hanya sebagai media pemutus arus jika terjadi kondisi beban lebih tanpa ada proses monitoring  nilai daya yang terhubung. Oleh karena itu di butuhkan suatu sistem pembatas arus yang berfungsi tidak hanya sebagai pembatas arus semata, melainkan fungsinya juga sebagai monitoring. Dengan begitu kita dapat mengetahui nilai daya yang terhubung terhadap beban yang terpasang.

Prinsip kerja dari sistem control ini adalah dengan membandingkan nilai setting point dengan beban yang digunakan, Sistem ini dirancang yaitu untuk mencegah terjadinya pemutusan listrik secara seketika ketika melewati batas maksimum. Sensor arus digunakan untuk mengukur arus yang mengalir. Sehingga arus yang didapatakan diolah dan diproses oleh system pengontrol untuk melakukan kerja sistem.

Aksi dari system ini adalah bila arus yang mengalir melebihi daya maksimum, ≥  500 watt maka buzzer akan berbunyi sebagai tanda bahwa beban yang digunakan telah melebihi batas maksimum.

Kata kunci : Mikrokontroler, ATMega 8535, daya listrik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.