PEMBUATAN SISTIM INFORMASI GEOGRAFIS ( SIG ) WISATA ALAM BERBASIS INAGEOPORTAL (STUDI KASUS : KABUPATEN BOGOR)

Adzan Falaqi

Abstract


Pembangunan yang sangat pesat di Kabupaten Bogor, serta kurangnya perhatian tentang wisata alam,  yang berdampak pada pengalihan fungsi lahan wisata menjadi areal komersil perumahan/pemukiman,  pabrik, tempat pembuangan sampah ilegal, dll. Perlu dibuat suatu sistem informasi keruangan, yang bersifat global dan mudah di akses oleh setiap pengguna. Dimana sistem informasi ini dapat mendorong kepedulian dalam menjaga , dan melindungi aset alam tersebut.

Tahapan dari kegiatan ini yaitu tahap perencanaan, tahap pengumpulan data dasar objek wisata alam, tahap pengolahan data untuk merencanakan basis data grafis sampai tersusunnya basis data SIG , dan menampilkan hasil ke dalam web Inageoportal.

Wisata Alam Kabupaten Bogor dikembangkan ke dalam Sistem Informasi Geografis ,  dengan memanfaatkan aplikasi web (Inageoportal) . Dengan demikian, dapat memudahkan pengguna untuk menyajikan  informasi tersebut ,  berupa tampilan peta secara dijital , informasi mengenai lokasi/posisi wisata alam, dan informasi tambahan untuk keperluan kajian sebagai pertimbangan  Masyarakat , Pemerintah serta Wisatawan dalam mengembangkan wisata alam yang dapat di akses dengan mudah dari Internet

Kata Kunci : Sistim Informasi Geografis, Wisata Alam, Inageoportal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.