IDENTIFIKASI PENUTUP LAHAN MENGGUNAKAN CITRA SATELIT SPOT 4

Hasbi Fariz

Abstract


Kabupaten Indragiri Hulu merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Riau, yang memiliki beragam sumber daya alam cukup banyak diantaranya sumber daya hutan, perkebunan, perairan, dan lain sebagainya. Dalam konteks pemeliharaannya dan pelestarian sumber daya alam diperlukan identifikasi penutup/penggunaan lahan untuk mengetahui jenis-jenis tutupan/penggunaan lahan dan luas tutupan lahan dari daerah tersebut. Identifikas informasi mengenai tutupan lahan dapat ditempuh dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh, yaitu menggunakan citra SPOT 4.

 Interpretasi visual citra SPOT 4 menghasilkan Jenis Penggunaan Lahan di Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Total luas wilayah Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau 795.569 Ha. Jenis Penggunaan Lahan didominasi oleh Hutan (hutan tanaman industri, land clearing dan semak belukar) 54.11%, Perkebunan (sawit, campuran dan karet) 41.88%, Lahan Terbangun 2.06%, Lahan Terbuka 1.20%, Tubuh Air 0.73%.

Hasil penelitian disajikan dalam bentuk Peta Jenis Penggunaan Lahan di Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau, dibuat dengan skala 1:50.000 dan dicetak dengan kertas A4 skala 1:750.000.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.