GEOLOGI DAN POTENSI SUMBERDAYA BAHAN GALIAN BATUAN ANDESIT DAERAH MEKARSARI DAN SEKITARNYA KECAMATAN CILENGKONG KULON - KABUPATEN CIANJUR JAWA BARAT

UMAR SONJAYA

Abstract


Tujuan penelitian dan pemetaan geologi di daerah Mekarsari dan sekitarnya Kecamatan Cilengkong Kulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat adalah untuk mengetahui kondisi geologi yang mencakup geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi dan sejarah geologi serta perhitungan sumberdaya bahan galian batuan  andesit. Geomorfologi daerah penelitian secara genetik dapat dikelompokan menjadi 4 (empat) satuan geomorfologi, yaitu satuan geomorfologi perbukitan lipat patahan, satuan geomorfologi bukit intrusi, satuan geomorfologi perbukitan gunung api, dan satuan geomorfologi dataran aluvial. Pola aliran sungai yang terdapat di daerah penelitian berpola trellis dengan genetika sungai subsekuen, konsekuen dan obsekuen, sedangkan stadia erosi sungai berada dalam tahap muda dan dewasa. Stratigrafi daerah penelitian dari yang tertua hingga termuda adalah satuan batuan breksi dan tufa berumur N16 (Miosen Atas). Satuan batuan batupasir selang-seling batulempung berumur N17 (Miosen Atas) dan Satuan batuan breksi berumur N18 (Miosen Atas). Ketiga satuan batuan tersebut diendapkan dengan mekanisme arus turbit pada lingkungan laut dalam dan secara ciri litologinya sebanding dengan batuan-batuan dari Formasi Cantayan. Secara tidak selaras diatas satuan batuan breksi diendapkan satuan batuan aglomerat pada lingkungan darat dan diperkirakan berumur Plistosen. Satuan aluvial sungai merupakan satuan termuda berumur Holosen.Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian berupa struktur lipatan dan struktur sesar. Struktur lipatan yang dijumpai berupa struktur monoklin sedangkan struktur patahan berupa sesar mendatar Sirnasari dan sesar mendatar Buanajaya. Keseluruhan struktur yang terdapat di daerah penelitian terbentuk dalam satu periode tektonik, yaitu pada kala N19 (kala Pliosen Awal) hingga kala Plistosen dengan  arah gaya utama Utara - Selatan atau N 15° E. Daerah Mekarsari sendiri mempunyai daya tarik ekonomis bagi rakyat di sekitarnya. Salah Satunya adalah potensi andesit yang melimpah pada Gunung Cipinang, Gunung Cigarunggang, dan Gunung Rungking. Berdasarkan hasil perhitungan sumberdaya bahan galian batuan beku andesit yang berada di daerah penelitian menggunakan metoda perhitungan kontur pada daerah tersebut diperoleh hasil sebesar 81,069,664,8 ton.

Metodologi penelitian secara sistematis dibagi ke dalam empat tahap yaitu: Tahap Persiapan, Tahap Penelitian Lapangan, Tahap Pengolahan Data Laboratorium dan Studio serta Penyusunan Laporan Tugas Akhir (Skripsi).

 

Kata kunci : Andesit, Mekarsari, Geologi, Potensi, dan Sumberdaya



Full Text:

PDF

References


Asikin, Sukendar., 1986, Geologi Struktur Indonesia, Departemen Teknik Geologi, Institut Teknologi Bandung.

Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional, 1999, Peta Rupabumi Digital Indonesia lembar Cisalak No. 1209-341, Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional, Cibinong, Bogor.

Bemmelen, R. W. Van, 1949, The Geology of Indonesia, Vol. IA :General Geology of Indonesia and Adjacent Archipelagoes, Government Printing Office, The Hague, 732 p.

Billings, Marlan P., 1960, Structural Geology, Second Edition, Prentice – Hall Inc. Englewood Cliffs, New Jersey, 514 p.

Blow, W. H. and Postuma J. A. 1969. “Range Chart, Late Miosen to Recent Planktonic Foraminifera Biostratigraphy”, Proceeding of The First.

Bogie ,I dan Mackekenzie, K.M, 1998. The application of volcanic facies models to an andesitic stratovolcano hosted geothermal system at Wayang Windu, Java Indonesia. Procceedings, 20 th New Zealand Geothermal Workshop, h 265-276.

Koesoemadinata, R.P. 1985, ”Prinsip Prinsip Sedimentasi”, Jurusan Geologi, Institut Teknologi Bandung, Bandung.Kadarisman, D.S. 2001. Pedoman Praktikum Petrografi. Program Studi Teknik Geologi Universitas Pakuan, Bogor.

Kadarisman, D.S. 2001. Pedoman Praktikum Mineral Optik. Program Studi Teknik Geologi Universitas Pakuan, Bogor.

Martodjojo, Soejono, 1984, Evolusi Cegungan Bogor Jawa Barat, Fakultas Pasca Sarjana, Institut Teknologi Bandung.

Noor. Djauhari, dan Kadarisman, Denny. S., 2013, Pedoman Ekskursi Geologi Regional Jawa Barat – 2013, Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan, Bogor.

Noor. Djauhari ., 2012, Geomorfologi Edisi II, Program Studi Teknik Geologi Universitas Pakuan, Bogor.

Robert L Folk , 1985, ”Petrology of Sedimentary Rocks”, Hemphill publishing company Austin Texas. 78703.

Sujatmiko dan S. Santoso, 1972, Geologi Lembar Cianjur, skala 1 : 100.000. Pusat Penelitian dan Pemetaan Geologi, Bandung.

Thornburry W.D.,1958, Principles Of Geomorfologi, John Wiley and sons, Inc. London.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.