GEOLOGI DAN POTENSI BATUAN BEKU ANDESIT DAERAH WOTGALIH DAN SEKITARNYA KECAMATAN JATINEGARA, KABUPATEN TEGAL PROVINSI JAWA TENGAH

Afni Rahmah

Abstract


Secara administratif daerah penelitian termasuk pada daerah Wotgalih, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis daerah penelitian berada pada 06°563.2LU - 07°1’29.8” LS dan 109°156.4 BB - 109°1852BT, dengan luas ± 70 km2.

Secara geomorfologi memberikan kenampakan bentang alam dalam 4 (empat) satuan geomorfologi, yaitu satuan geomorfologi perbukitan lipat patahan, satuan geomorfologi bukit intrusi, satuan geomorfologi bukit piroklastik dan satuan geomorfologi dataran alluvial. Sementara pola aliran sungai yang berkembang secara umum adalah pola aliran sungai rectangular yang paling dominan dan pola aliran aliran parallel, stadia erosi sungai berada pada tahapan tua dan muda  dan  jentera geomorfik secara umum adalah dewasa dan muda.

Tatanan batuan penyusun sejarah pengendapan daerah kajian dari tua ke muda dibagi menjadi 6 (enam) satuan batuan, yaitu : Satuan Batuan Batupasir Selang Seling Batulempung Sisipan Batugamping (Formasi Rambatan) yang berumur N 14  - N 15, diendapkan pada lingkungan laut dangkal. Kemudian selaras diatasnya secara selaras diendapkan Satuan Batuan Batupasir Selang Seling Batulempung, (Formasi Halang) yang berumur N 16 - N 18, yang diendapkan pada lingkungan laut dalam. Kemudian selaras lagi diatasnya diendapkan Satuan Batuan Batupasir Sisipan Batulempung (Formasi Tapak) yang berumur N 19 – N 20 yang diendapkan pada lingkungan laut dangkal.  Pada Kala Plistosen, terjadi tektonik, dimana produknya adalah terbentuknya Satuan Batuan Intrusi Andesit yang terbentuk akibat intrusi dangkal dan Satuan Batuan Breksi Vulkanik. Pada Kala Resen, terdapat Satuan Endapan Aluvial, yang menutupi satuan – satuan yang lebih tua pada daerah penelitian.

Struktur geologi yang berkembang berupa stuktur kekar, lipatan dan patahan. Struktur geologi yang berkembang pada daerah penelitian terjadi pada kala Plistosen, yang masih tergeolong ke dalam Orogenesa Plio-Plistosen dengan arah gaya utama berarah Utara – Selatan yaitu N 4°E.

Intrusi andesit di Igir Gajah dan Igir Klana memiliki luas wilayah 1,635,463 m2, dengan jumlah sumber daya sebesar  27,441,111.28 m3 dan setelah dikalikan dengan Bj andesit 2.5 g/cm2, maka jumlah cadangan andesit pada Igir Gajah dan Igir Klana adalah 68,602,778.2 ton.

Kata kunci : Geomorfologi Perbukitan Lipat Patahan, Stratigrafi, Tektonik, Plistosen, Andesit.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.