GEOLOGI DAN POTENSI ANDESIT DAERAH CIKUTAMAHI DAN SEKITARNYA KECAMATAN CARIU KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT

Emmi Vathreescia

Abstract


Secara administratif daerah pemetaan merupakan wilayah dari dearah Cikutamahi dan sekitarnya, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, dengan luas 66 km2.

Geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi 4 (empat) satuan geomorfologi, yaitu : Satuan Geomorfologi Perbukitan Lipat Patahan,  Satuan Geomorfologi Perbukitan Intrusi, Satuan Perbukitan Lereng Gunungapi, dan Satuan Geomorfologi Dataran Aluvial. Pola aliran sungai yang berkembang adalah pola aliran sungai rektangular dan radial, dengan jentera geomorfik secara umum adalah dewasa.

 Tatanan batuan di daerah penelitian dari yang tua ke muda, adalah : Satuan Batugamping Pasiran Selang-seling Batulempung (Formasi Parigi) yang berumur Miosen Tengah (N13– N14) diendapkan pada lingkungan laut dangkal yaitu pada neritik tepi (5-20 m) hingga neritik tengah (20-100 m). Selaras di atasnya diendapkan satuan batulempung (Formasi Subang) yang berumur Miosen Akhir (N15 – N18) pada lingkungan laut dangkal yaitu pada neritik tengah (20-100 m). Pada Kala Pliosen yang menerus hingga Pleistosen (Plio-Plistosen) terbentuk Satuan Intrusi Andesit serta satuan batuan produk gunungapi tak terurai yang diendapkan pada lingkungan pengendapan darat dengan mekanisme pengendapan pyroklastik (proximal volcaniclastic facies, Visser,1972). Pada kala holosen, satuan aluvial sungai menutupi satuan-satuan yang lebih tua yang tersingkap di daerah penelitian.

Struktur–struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian berupa struktur lipatan dan patahan yang terjadi dalam satu fase tektonik, yaitu pada Kala Miosen Akhir menerus hingga Kala Plistosen dengan gaya utama berarah barat utara – selatan yaitu, N 5° E. Struktur lipatan berupa Sinklin Sukajadi, Antiklin Medalsari, Sinklin Kutamekar, Antiklin Cikutamahi, Sinklin Cibatutiga, Antiklin. Struktur patahan yang berkembang berupa Sesar Naik Cibeet, Sesar Mendatar Cibatutiga, Sesar Mendatar Kutamekar, Sesar Mendatar Medalsari, Sesar Mendatar Bantarkuning, Sesar Mendatar Cikutamahi.

Potensi bahan galian yang berada di daerah penelitian berupa breksi andesit yang meliputi perhitungan dan penyebaran sumber daya breksi pada satuan breksi gunungapi untuk untuk diolah dan dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk keperluan industri.

Potensi sumberdayayang terdapat di daerah penelitian berupa andesit dengan jumlah sumber daya 21.036.574 m3. Kajian yang dilakukan berupa perhitungan jumlah cadangan andesit yang terdapat di Gunung Rungking

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.