GEOLOGI DAERAH KARANGANYAR DAN SEKITARNYA KECAMATAN KARANGGAYAM KABUPATEN KEBUMEN PROVINSI JAWA TENGAH

Iman Suparman

Abstract


Secara administratif daerah penelitian masuk ke dalam Kabupaten Kebumen, yang terdiri dari 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Karanggayam, Kecamatan Sruweng dan Kecamatan Karanganyar. Dengan luas penelitian 8 km x 8 km atau sekitar 6400 Km². Secara geografis daerah penelitian terletak pada 07° 34’ 03.8” LS - 07° 38’ 26.0” LS dan 109° 33’ 46.0” BT - 109° 38’ 10.1” BT.

Geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi 3 (tiga) satuan geomorfologi yaitu, Satuan Geomorfologi Perbukitan Lipat Patahan, Satuan Geomorfologi Perbukitan Lipat Patahan Sub Satuan Lembah Antiklin, Satuan Geomorfologi Dataran Aluvial. Pola aliran sungai yang berkembang di daerah penelitian adalah Pola Aliran Trelis dan Pola Aliran Dendritik, dengan genetika sungai konsekuen, obsekuen, subsekuen. Stadia erosi sungai berada pada stadia muda dan dewasa, dengan jentera geomorfik tua.

Tatanan batuan dari yang tertua hingga termuda adalah Satuan Batuan Breksi Polimik selang-seling Batupasir (Formasi Waturanda), berumur Miosen awal - Miosen tengah atau N- N9 diendapkan pada Neritik Luar - Bathyal Atas. Satuan Batuan Batupasir gampingan selang-seling Batulempung (Formasi Panosogan), berumur Miosen tengah atau N10 - N13 diendapkan pada Bathyal Atas. Satuan Batuan Batupasir selang-seling Batulempung sisipan Breksi (Formasi Halang), berumur Miosen tengah - Pliosen awal atau N14 - N19  diendapkan pada lingkungan kipas laut dalam. Satuan Batuan Breksi Monomik (Anggota Breksi Formasi Halang), berumur Pliosen akhir - Pleistosen awal atau N20 - N21 diendapkan pada kipas laut dalam. Aluvial sungai yang terdiri dari material lepas lempung hingga bongkah, merupakan endapan termuda yang ada didaerah penelitian.

Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian berupa kekar, lipatan dan patahan. Kekar yang dijumpai jenis kekar gerus. Struktur lipatan berupa struktur antiklin Kali Blebe. Struktur sesar yang dijumpai adalah sesar naik Karangtengah. Keseluruhan struktur yang ada di daerah penelitian  terjadi dalam satu perioda tektonik, yaitu pada kala Pliosen awal (N19) dengan arah gaya utama N 0º E dan N 360º E atau Utara - Selatan.

Kata - kata kunci   Karanganyar, Karanggayam, Sruweng, Reverse Topografi, Cuesta, Pararel Laminasi, Convolute, Gradded Bedding, Shear Fracture, Drag Fault, Latrit Nikel, Core, Cut Off Grade, Included Area, Striping Ratio.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.