IDENTIFIKASI KETERKAITAN KAWASAN WISATA PANTAI CARITA TERHADAP USAHA PARIWISATA DI KECAMATAN CARITA KABUPATEN PANDEGLANG PROVINSI BANTEN

Andika Pratama

Abstract


Salah satu upaya pemerintah Kabupaten Pandeglang dalam meningkatkan penerimaan daerah yaitu dengan mengoptimalkan potensi dalam sektor pariwisata. Semakin berkembangnya sektor pariwisata maka dapat memunculkan usaha pariwisata di sekitar daya tarik wisata. Munculnya usaha-usaha pariwisata dapat memberikan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk Identifikasi sebaran obyek daya tarik wisata kawasan wisata Pantai Carita, identifikasi sebaran usaha pariwisata di sekitar kawasan wisata Pantai Carita dan identifikasi keterkaitan kawasan wisata Pantai Carita terhadap usaha pariwisata Pantai Carita. Metode yang digunakan metode analisis jenis usaha pariwisata dimana dasar penentuan usaha pariwisata ditentukan berdasarkan Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan dan metode analisis spasial, dalam pengerjaan analisis spasial menggunakan software ArcGIS 9.3 untuk membuatan peta sebaran. Untuk mengetahui keterkaitan kawasan wisata Pantai Carita terhadap usaha pariwisata Pantai Carita mengunakan metode analisis persentase, data yang dibutuhkan dalam analisis persentase diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pemilik atau pengelola usaha pariwisata, peyebaran kuesioner menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat delapan obyek wisata di kawasan wisata Pantai Carita yaitu Pantai Karangsari, Pantai Perhutani, Pantai Matahari Carita, Pantai Lagundi, Pantai Pasir Putih, Pantai Cibendah, Pantai Cidatu Mataram dan Pantai Lombok, terdapat tiga jenis usaha pariwisata yang terdapat di kawasan pariwisata yaitu usaha jasa perjalanan wiisata, usaha jasa makanan dan minuman, dan usaha akomodasi dimana usaha yang mendominasi yaitu usaha jasa makanan dan minuman, dan adanya keterkaitan antara obyek wisata Pantai Carita terhadap usaha pariwisata Pantai Carita, Dimana dengan adanya obyek wisata membuka peluang untuk masyarakat untuk melakukan kegitan usaha pariwisata bagi masyarakat, lokasi yang dipilih oleh pelaku usaha pariwisata dekat dengan obyek wisata, dengan adaya obyek wisata Pantai Carita dapat meningkatkan kunjungan wisatawan terhadap usaha pariwisata dan dengan adanya obyek wisata Pantai Carita dapat meningkatkan jumlah usaha pariwisata sehingga memberikan peluang kerja kepada masyarakat.

Kata Kunci          : Tata Ruang, Pariwisata, Usaha Pariwisata


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.