PERENCANAAN SISTEM FENDER DERMAGA (STUDI KASUS DERMAGA PENYEBERANGAN MUKOMUKO, PROVINSI BENGKULU)

Derry Fatrah Sudarjo

Abstract


Ketatnya persaingan di bidang perekonomian memerlukan strategi yang tepat dalam  mengoptimalkan potensi yang ada.  Sebagai daerah kepulauan yang dikelilingi lautan, Kabupaten Mukomuko di Bengkulu,  memiliki potensi untuk dikembangkan terutama dalam kegiatan ekspor impor dan transportasi laut. Ada 4 jenis pelabuhan yang akan dibangun di Kabupaten Mukomuko yaitu pelabuhan penyeberangan, pelabuhan laut, pelabuhan barang dan pelabuhan ikan.

Sesuai dengan peran dan fungsinya, pelabuhan merupakan institusi yang dinamik keberadaannya terhadap perkembangan yang ada. Pelabuhan harus dapat mengantisipasi dan mengikuti perkembangan yang berkaitan dengan tuntutan pelayanannya. Selain itu, pelabuhan yang baik harus mempunyai perencanaan yang terencana dan terstruktur guna menunjang peran dan fungsinya sesuai kemampuan kapasitas dukungannya. Salah satu kelengkapan perencanaan pelabuhan tersebut adalah tersedianya sistem fender, dimana fender adalah bumper yang digunakan untuk meredam benturan yang terjadi pada saat kapal akan merapat ke dermagaatau pada saat kapal yang sedang ditambatkan tergoyang oleh gelombang atau arus yang terjadi di pelabuhan.

Dalam perencanaan sistem fender perlu diketahui karakteristik dari jenis-jenis fender agar dapat diperoleh jenis fender yang sesuai dengan kebutuhan, jenis fender yang digunakan pada Dermaga Penyeberangan Mukomuko adalah fender Bridgestone Super-Arch Tipe FV001-5-4. Hasil perhitungan jarak antar fender pada dermaga adalah 4,6 meter, dipasang vertikal pada sisi depan dermaga karena memperhitungkan perubahan elevasi muka air laut yang berubah pada saat pasang dan surut.

Kata kunci :  Fender, Pelabuhan, dan Kapal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.