KAJIAN PENGENDALIAN WAKTU TERHADAP BIAYAMENGGUNAKAN METODE CRASHING STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN CIANTEN PADA RUAS JALAN LINGKAR UTARA LEUWILIANG KECAMATAN LEUWILIANG

Khaerul Kahfi

Abstract


Faktor yang harus diperhatikan didalam pelaksanaan suatu proyek antara lain : mutu, waktu dan biaya. Suatu proyek akan dianggap berhasil apabila produk yang dihasilkan sesuai standar mutu, waktu pelaksanaan dan batas anggaran yang telah ditetapkan, terkadang ada kalanya terjadi penyimpangan diantara ketiga aspek tersebut. Pada proyek ini akan dilakukan percepatan pekerjaan agar tidak mengalami keterlambatan pekerjaan yang dapat merugikan berbagai pihak. Dalam analisanya digunakan metode Crashing dengan pembahasan meliputi pertukaran antara waktu dan biaya, yang dinamakan dengan Duration-Cost Trade off.

Spesifikasi proyek yang dibahas adalah jembatan beton prategang dengan panjang 200 meter dengan konstruksi lebar manfaat jembatan yaitu 7.00 meter. Pada akhir kontrak pelaksanaan pembangunan jembatan cianten menyisakan beberapa item pekerjaan yang tidak dapat dilaksanakan oleh penyedia jasa sesuai addendum-1 selama masa pelaksanaan 210 hari kalender diantaranya : Divisi I. Mobilisasi, Divisi 3. Pekerjaan Tanah danDivisi 7. Struktur. Dalam proyek Pembanguna Jembatan Cianten Pada Ruas Jalan Lingkar Utara Leuwiliang ini, dilihat dari kurva S banyak pekerjaan yang lambat dikerjakan sehingga dapat menyebabkan kerugian akibat keterlambatan. Maka untuk mencegah terjadinya keterlambatan diperlukan percepatan durasi pekerjaan tanpa merubah harga menjadi lebih besar dari harga yang telah direncanakan.

Dalam proyek ini menggunakan metode pengelompokkan kerja menjadi 3 kelompok. Dalam perhitungan jumlah pekerja diambil dari analisa upah pekerja yang terdapat dalam RAB dan dari perhitungan dengan menggunakan metode pengolompokkan kerja didapat kelompok I (satu) dengan biaya yang optimal dan waktu yang minimum.

Hasil yang didapatkan dari perhitungan ini yang paling rendah biaya dan waktunya adalah kelompok I dengan biaya sebesar Rp. 14.724.008.527,05 berdurasi 118 hari, sedangkan Kelompok II dengan biaya Rp. 14.753.313.215,88 berdurasi 135 hari dan kelompok III dengan biaya Rp. 14.763.212.209.223,17 berdurasi 154.

Kata kunci: Rencana, biaya, waktu, crashing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.