PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN PADA PT JPS

Luckita Suhardani, Wayan Rai Suarthana, Sigit Edi Surono

Abstract


Luckita Suhardani. 022113132. Peranan Audit Operasional dalam Menunjang Efektivitas Penjualan pada PT JPS. Dibawah bimbingan Wayan Rai Suarthana dan Sigit Edy Surono, 2017.

Penjualan merupakan kegiatan operasional perusahaan dalam rangka memperoleh pendapatan dengan cara menjual barang atau jasa yang dihasilkan atau dibeli oleh perusahaan untuk mencapai tujuan utama yaitu memperoleh laba yang maksimal.Untuk memeperoleh laba yang maksimal ditunjang dengan keefektifan audit operasional yanng merupakan fungsi pengendalian internal suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui pelaksanaan audit operasional atas penjualan pada PT JPS yang telah dilaksanakan dengan baik. (2) Untuk megetahui tingkat efektivitas penjualan yang telah dilaksanakan oleh PT JPS. (3) Untuk mengetahui apakah audit operasional berperan dalam menunjangefektivitas  penjualan PT JPS.

Penelitian ini dilakukan pada PT JPS pada bulan Agustus sampai dengan bulan September 2016. Pada penelitian ini penulis menyebarkan kuisioner sebanyak 30 kepada responden pada PT JPS. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif eksploratif yang fungsinya membantu menganalisis data-data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Data diuji dengan menggunakan SPSS versi 23, pengujian dilakukan menggunakan perhitungan sederhana dengan rumus efektifvitas. deskriptif statistik, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis. Dan pengujian melalui pengolahan data kuisioner.

Hasil penelitian diperoleh hasil perhitungan efektivitas penjualan dengan  persentase 0,31%. Dari hasil pengujian hipotesis Pada pengujian secara parsial dengan uji t didapatkan hasil bahwa audit operasional telah berperan dalam menunjang efektivitas penjualanberdasarkan signifikansi < 0.05 maka Ha diterima, dan jika signifikansi > 0.05 maka H0 di tolak. Hasil uji t lebih kecil dari 0.05 (0.00 < 0.05) maka Ha diterima.. Hasil pengolahan data kuisioner juga menujukkan bahwa audit operasional pada PT JPS telah berjalan dengan baik dan efektif dengan demikian audit operasional telah berperan dalam menunjang efektivitas penjualan.

Kata kunci : Audit Operasional, Efektivitas Penjualan.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Erwin (2012). Peranan Audit Operasional Dalam Meningkatkan Efektivitas Penjualan Pada PT. Delta Internusa Kota Palopo.Jurnal. Makasar : Universitas Hasanudin.

Agoes, S. (2013). Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publik. Buku 2. Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat.

Andini, T. (2013). Peranan Audit Operasional Dalam Menunjang Efektivitas Penjualan (Survey Pada BUMN Sektor Industri Pengelolahan Di Kota Bandung). Skripsi. Bandung : Universitas Widyatama.

Amelia Mega Rachmawati. (2011). Pengaruh Audit Internal Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Atas Biaya Produksi Air Minum dalam Kemasan 240ml pada PT Aqua Golden Mississippi Tbk. (Cabang Mekarsari). Universitas Pakuan, Bogor.

Arens, Alvin A., Randal J.Elder, dan Mark S. Beasley (2013). Auditing dan Jasa Assurance, Jilid 1, Edisi 12. Terjemahan oleh Gina Gania. Jakarta : Erlangga.

_____________ (2013). Auditing dan Jasa Assurance, Jilid 2, Edisi 12. Terjemahan oleh Gina Gania. Jakarta : Erlangga.

Bayangkara, IBK. (2015). Audit Manajemen Prosedur dan Implementasi, Edisi 2. Surabaya : Salemba Empat.

Dittenhofer, Mortimer A. dan Sawyer, Lawrence B. (2012). Audit Internal. Edisi 6. Jakarta : Salemba Empat.

Effendy, Antonius (2005). Peranan Audit Operasional dalam Menunjang efektivitas Penjualan pada PT “X”. Jurnal. Bandung : Universitas Widyatama.

Hery, (2017). Auditing dan Asurans Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Standar Audit Internasional. Jakarta : PT Grasindo

Juliani, Gita (2012). Peranan Audit Operasional Dalam Menunjang Sistem Pengendalian Intern Penjualan Pada PT Indomobil Trada Nasional di Kelapa Gading). Universitas Gunadarma,Depok.

______________, (2010). Cetakan Kesatu. Potret Profesi Audit Internal. Alfabeta, Bandung

Keller, Kevin Lane. dan Kotler, Philip. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi 15. Jakarta : Erlangga.

Kumaat, Valery G. (2011). Internal Audit. Jakarta : Erlangga.

Panjaitan, Pransiska (2014). Perananan Audit Operasional dalam Menunjang Efektivitas Penjualan PT Victory. Skripsi. Surabaya : Universitas Wijaya Surabaya.

Priyatno, Duwi (2016). Alat analisis Data dan Cara pengolahannya dengan SPSS. Yogyakarta : Gava Media.

Rachmawati, Yullanda E.P (2014). Penerapan Audit Operasional untuk Mengevaluasi Efektivitas Pengendalian Internal terhadap Efektivitas Penjualan pada PT Varia Usaha Beton. Jurnal. Surabaya : Universitas Surabaya.

Riduwan (2013). Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kualitati Kuantitatif dan RD. Bandung : Alfabeta.

Tunggal, Amin Widjaja (2011). Operasional Auditing Meningkatkan Efisiensi

___________(2016). Operasi dan Efektivitas Organisasi. Jakarta : Harvarindo.

___________(2012), Pokok-pokok Operasional dan Financial Auditing, Edisi Revisi, Jakarta : Harvarindo.

Wahyuningsih, Nova (2015). Peranan Audit Operasional Dalam Menunjang Efektivitas Penjualan Pada Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM). Universitas :Kanjuruhan Malang

Widjayanto, N. (2011). Pemeriksaan Operasional Perusahaan. Jakarta : Harvarindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.