PENGARUH BEBAN PAJAK TANGGUHAN, PERENCANAAN PAJAK DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012 – 2017

Riska Nirwanan Sari, Arief Tri Hardiyanto, Patar Simamora

Abstract


Riska Nirwana Sari. 022114064. Akuntansi Perpajakan. Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak, dan Profitabilitas terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2017. Dibawah bimbingan .Arief Tri Hardiyanto dan Patar Simamora. 2019.

     Manajemen laba merupakan tindakan manajer untuk memilih kebijakan akuntansi dari suatu standar tertentu untuk mempengaruhi laba yang akan terjadi menjadi seperti yang mereka inginkan melalui pengelolaan faktor internal yang dimiliki atau digunakan perusahaan. Praktik manajemen laba bisa dilakukan melalui beban pajak tangguhan dimana besar kecilnya  nilai beban pajak tangguhan dari tahun ke tahun ,sehingga beban pajak tangguhan  dapat memprediksi dalam melakukan manajemen laba yang dilakukan oleh manajer agar dapat menghindari kerugian atau pelaporan penurunan laba. Perencanaan pajak digunakan untuk manajemen lba dengan cara mengatur seberapa besar laba yang dilaporkan, sehingga masuk dalam indikasi adanya praktik manajemen laba.Dan profitabilitas juga digunakan untuk mendekteksi manajemen laba karena dimana semakin besar profitabilitas maka semakin besar peluang probabilitas perusahaan dalam melakukan manajemen laba.

      Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh beban pajak tangguhan, perencanaan pajak dan profitabilitas terhadap manajemen labapada perusahaan manufaktur .Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang telah diaudit pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2017.Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Ada 11 perusahaan yang diuji menggunakan regresi linier berganda,uji asumsi klasik, dan hipotesis.

     Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Beban pajak tangguhan berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba, 2) Perencanaan pajak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba, 4) Profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba 3) Beban pajak tangguhan, perencanaan pajak dan profitabilitas secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan manajemen laba.

     Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa beban pajak tangguhan, perencanaan pajak dan profitabilitas berpengaruh bersama sama secara signifikan terhadap keputusan manajemen laba. Penelitian selanjutnya hendaknya menganalisis praktek manajemen laba yang dilakukan perusahaan tidak hanya pada pajak tangguhan tetapi ada juga pada komponen lainnya contohnya akrual, leverage dan indikator lain yang mendukung adanya praktik manajemen laba yang dilakukan oleh manajemen perusahaan..

 

 

Kata kunci            : Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak, Profitabilitas dan Manajemen Laba.


Full Text:

PDF

References


Agoes, Sukrisno dan Estralita Trisnawati (2013), Akuntansi Perpajakan, Edisi ketiga, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

A.A Gede Raka Plasa Negara dan I.D.G. Dharma Suputra (2016), Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesi) periode 2013-2015 Skripisi, Bali, Universitas Udayana.

Budi Setywan (2015), Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Profitabilitas, dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba (Studi empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2014) Skripsi, Tangerang Selatan, Banten, Universitas Pamulang.

Detikfinance, (2017, September 27), Dalam Setahun Utang PLN Naik Rp 40 Triliun, Jakarta,https://finance.detik.com/energi/d-3660818/dalam-setahun-utang-pln-naik-rp-40-triliun

Dewi Pindiharti (2011), Pengaruh Aktiva Pajak Tangguhan, Beban Pajak Tangguhan dan Akrual terhadap Earning Management (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Skripsi, Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Dody Frans (2015), Pengaruh Profitabilitas, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan dan Leverge terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Emien Indeks Saham Syariah Indonesia Sub Sektor Barang Komsumsi Periode 2011-2014) Skripsi, Jakarta, Universitas Islam Negeri Hidayatullah.

Ferry Aditama (2014), Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Nonmanufaktur yang Terdaftar Di BEI Skripsi, Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta,

Ghazali, Imam (2016), Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 23, Cetakan ke IV, Semarang, Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghafara Mawari Di Mazini Tundjung (2015), Pengaruh Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) periode 2011-2013, Skripsi,Semarang, Universitas Diponegoro.

Harnanto (2011), Perencanaan Pajak, Edisi Pertama, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Harnanto (2013), Perencanaan Pajak, Edisi Kedua, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Herdawati (2015),Analisis Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia) periode 2012 – 2014 Skripsi, Makasar, Universitas Hasanudin

Kresna Rahmanto (2013), Pengaruh Beban Pajak Tangguhan,Leverge Terhadap Manajemen Laba melalui manipulasi rill (studi empiris perusahaan manufaktur periode 2010-2016) Skripsi, Surabaya, universitas Negeri Surabaya.

Mega Wahyu Widawati (2017), Pengaruh Beban Pajak Tangguhan,Profitabilitas, Asimetri Informasi, Leverge dan Komisaris Independen terhadap Manajemen Laba (studi empiris pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia) Skripsi, Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pohan, Charil Anwar (2013). Manajemen Perpajakan – Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnis. Jakarta, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

PSAK NO 46 (2010). Pajak Penghasilan. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Pungky Lukman (2013), Kemampuan Beban Pajak Tangguhan dalam Memprediksi Ukuran Manajemen Laba, Skripsi, Semarang, Universitas Diponegoro.

Sari,Diana (2014), Perencanaan Pajak, Edisi Ketiga, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Scott, W.R. (2015), Financial Accounting Theory – Seven Edition. New Jersey Prentice-Hall International. Inc.

Soda , Egenius Soda. (2016, Januari 27). PT Timah Diduga Buat Laporan Keuangan Fiktif, Jakarta, https://www.tambang.co.id/pt-timah-diduga-membuat-laporan-keuangan-fiktif-9640/

Suandy, Erly (2006), Perencanaan Pajak, Edisi ke tiga, Jakarta, Penerbit Salemba Empat

Suandy, Erly. (2008). Perencanan Pajak, Edisi Revisi , Jakarta Penerbit Salemba Empat.

Sugiono (2008), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung, Penerbit Alfabeta

Sulistyanto, H.S. (2008). Manajemen Laba – Teori dan Model Empiris, Jakarta, Penerbit PT. Grasindo.

Tempo.co (2007, Desember 17), Bapepam Denda Direktur Utama AGIS Rp 5 Miliar, Jakarta,https://bisnis.tempo.co/read/113735/bapepam-denda-direktur-utama-agis-rp-5-miliar

Tempo.co. (2010, Febuari 15). ICW Ungkap Manipulasi Penjualan Batu Bara Grup Bakrie, Jakarta, https://bisnis.tempo.co/read/225895/icw-ungkap-manipulasi-penjualan-batu-bara-grup-bakrie/full&view=ok

Waluyo (2018), Akuntansi Pajak, Edisi Pertama, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Wild, John J., K. R. Subramanyam and Robert F. Halsey, 2005, Analisis laporan keuangan, Edisi 8 buku satu, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Wirawan B. Ilyas dan Diaz Priantara (2015), Akuntansi Perpajakan, Jakarta, Penerbit Mitra Wacana Media.

www.idx.co.id

www.sahamoke.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.