PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT SURYARAYA RUBBERINDO INDUSTRIES PERIODE 2015-2016

Muhamad Darusalam, Ahmad Burhanudin Taufiq, Amelia Rahmi

Abstract


Suatu perusahaan dalam kondisi yang penuh persaingan harus dapat menciptakan dan mempertahankan keunggulan bersaing (competitive advantage). Salah satu strategi yang diterapkan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan untuk dapat memperoleh posisi dipasar (market place) sekaligus dapat mempertahankannya adalah dengan menciptakan suatu produk yang berkualitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian verifikatif, explanatory survey dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari PT Suryaraya Rubberindo Industries. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan metode statistik untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menganalisis data kuantitatif dengan uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian mengungkapkan fakta bahwa rata-rata perkembangan biaya kualitas dan volume penjualan pada pada PT Suryaraya Rubberindo Industries periode 2015-2016 mengalami fluktuasi. Serta berdasarkan hasil uji t (koefesien regresi secara parsial) dapat diketahui bahwa biaya pencegahan berpengaruh terhadap volume penjualan dengan hasil pengujian statistik t hitung > t tabel. (6,932 > 2,09302) dengan nlai sig 0,000 yang kurang dari taraf nyata 0,05. Biaya penilaian berpengaruh terhadap penjualan dengan hasil pengujian statistik t hitung > t tabel (2,221 > 2,09302) dengan nilai sig 0,039 yang kurang dari taraf nyata 0,05. Biaya kegagalan internal tidak berpengaruh terhadap volume penjualan dengan hasil pengujian statistik t hitung < t tabel (0,874 < 2,09302) dengan nilai sig 0,393 yang lebih dari taraf nyata 0,05. Biaya kegagalan eksternal tidak berpengaruh terhadap volume penjualan dengan hasil pengujian statistik t hitung < t tabel (-0,405 < 2,09302) dengan nilai sig 0,690 yang lebih dari taraf nyata 0,05.
Kata Kunci: Biaya penceghan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, volume penjualan.


Full Text:

PDF

References


Anisa, (2017), Pengertian penjualan, Skrpsi Universitas Pakuan

Ari Purwanti dan Dr. Darsono, (2013), Akuntansi Manajemen, jakarta: edisi 3,2013

Baldrick Siregar (2013), Akuntansi Manajemen, Salemba Empat

Edi Herman, MBA., AK., (2013), Akuntansi Manajerial , Jakarta.

Duwi Priyatno (2016), SPSS Handbook, Yogyakarta, Mediakom.

Fenti, Sitanggang (2010), Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Profotabilitas Perusahaan pada Study Kasus The Majesty Hotel & Appertement Bandung, Universitas Kristen Maranatha.

Hansen Mowen (2009), Akuntansi Manajerial, Salemba Empat

Hakim, Muhamad Mahdi (2014), Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Tingkat Penjualan pada PT MItra Sejati Mulia Industri. E-Journal Universitas Pakuan.

Henry Simamora (2012), Akuntansi Manajemen, Edisi 3 Star Gate Publisher, Yogyakarta

Rangkuti Fredi (2009), pengertian volume penjualan, http://xerma.blogspot.com/2013/08/pengertian-volume-penjualan.html?m=1

Rilla, Gantino (2014), Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Penjualan padaPT Guardian Pharmatama, Universitas Indonusa Esa Unggul, Jakarta.

Slamet, Sugiri Sodkin (2015), Akuntansi Manajemen, Yogyakarta

Sofia Primadewi, Septian B, (2014), Akuntansi Biaya, edisi 2, Bogor:

Sumarsan, Thomas. (2010) Sistem Pengendalian Manajemen, Jakarta.

Susanti, (2009), Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Omzet Penjualan pada PT Sampurna Kuningan Juwana. Universitas Negeri Semarang.

Swasta Basu (2008), pengertian volume penjualan, http://xerma.blogspot.com/2013/08/pengertian-volume-penjualan.html?m=1

Wahyu, Kurniawan (2014), Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Profotabilitas pada Dealer Motor Boyolali, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wiliam K Carter, Akuntansi Biaya, Selemba 4, 2009

Zulian, Yamit (2013), Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.