PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON ASET, TOTAL ASET TURNOVER TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2016

Melda, Monang Situmorang, Siti Maimunah

Abstract


Kesehatan suatu perusahaan akan mencerminkan kemampuan perusahaan dalam menjalankan usahanya, keefektifan penggunaan aset, hasil usaha yang telah dicapai, kewajiban-kewajiban yang harus di lunasi dan peringkat obligasi yang suatu perusahaan. Obligasi harus diperingkatkan terlebih dahulu oleh suatu lembaga atau agen pemeringkat obligasi sebelum ditawarkan. Dengan kemampuan suatu perusahaan untuk dapat bersaing sangat ditentukan oleh kinerja perusahaan itu sendiri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Aset, Total Aset Turnover terhadap peringkat obligasi secara bersama-sama pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengolahan data yang digunakan adalah dengan pengujian hipotesis, dengan menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastistas, uji auto korelasi), dan uji hipotesis (analisis koefisien determinasi/R2, uji koefisien regresi secara parsial/uji t, dan uji koefisien regresi secara simultan/uji f).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Return On Aset berpengaruh terhadap Peringkat Obligasi dan hipotesis diterima. Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Aset Turnover tidak berpengaruh terhadap Peringkat Obligasi dan hipotesis ditolak. Secara simultan atau bersama-sama Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Aset, Total Aset Turnover berpengaruh terhadap Peringkat Obligasi. Hal ini memberikan indikasi bahwa perusahaan masih mempunyai kemampuan yang baik dalam menghasilkan peringkat obligasi dan dinyatakan cukup sehat untuk digunakan.
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah sampel penelitian, misalnya menjadi 10 tahun atau lebih. Penelitian ini dilakukan pada semua sub sektor yang ada di perusahaan manufaktur, peneliti selanjutnya hendaknya dilakukan pada perusahaan sektor industri pengelola sumber daya alam seperti sub sektor pertanian dan sub sektor pertambangan dan perusahaan sektor industri jasa seperti sub sektor keuangan dan sub sektor properti. Peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain seperti quick ratio, debt to aset ratio, return on
equity, dan inventory turnover. Karena sangat memungkinkan bahwa variabel yang tidak termasuk dalam penulisan ini dapat berpengaruh terhadap peringkat obligasi.
Kata Kunci : Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Aset, Total Aset Turnover dan Peringkat Obligasi.


Full Text:

PDF

References


Almilia, Luciana Spica dan Vieka, Devi.” Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Bursa Efek Indonesia.” Jurnal: STIE Perbanas Surabaya, 2007.

Astuti, Dewi. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2004.

Amrullah, Karim.”Kemampuan Rasio Keuangan Sebagai Alat Untuk Memprediksi Peringkat Obligasi pada Perusahaan Manufaktur. Skripsi: Universitas Negeri Semarang (UNNES), 2007.

Arin Widarani, “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Peringkat Obligasi”. Jurnal: Universitas Katolik Soegijaprata, Semarang, 2010.

Alfiani, Ayu Putri. 2013. Pengaruh Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas, Rasio Likuiditas dan Ukuran Perusahaan terhadap Peringkat Obligasi. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Annas, Syahrul. 2015. Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Activity, dan Market Value Ratio terhadap Prediksi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Non- Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2013. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bramasta, Wisnu, Arif, 2012. “Pengaruh Manajemen Laba dan Rasio Keuangan Perusahaan Terhadap Peringkat Obligasi”. Jurnal: Universitas Diponegoro, Semarang, 2012.

Bagus Prasetyatama, ”Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Peringkat Obligasi”. Jurnal: Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2015.

Bursa Efek Indonesia, n.d Indonesian Capital Market Directory 2012-2016. Jakarta: Bursa Efek Indonesia.

Brigham, Eugene, Joel F. Houston. 2013. Dasar-dasar Manajemen Keuangan (Edisi 11). Penerjemah Ali Akbar Yulianto. Jakarta. Salemba Empat.

Burton, B; Mike, A; and Hardwick, P. 1998. The determinants of credit ratings in United Kingdom insurance industry. Working paper. www.google.com

Darmadji, Tjiptono & Fakhruddin, Hendy M. Pasar Modal di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab, 2001. Jakarta: Salemba Empat.

Dian Wahyu Kurniawan “Kemampuan Rasio Keuangan untuk memprediksi Peringkat obligasi Perusahaan Non Jasa Keuangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Skripsi: Universitas Yogyakarta, 2016.

Ermi Linandarini, “Kemampuan Rasio Dalam Memprediksi Peringkat Obligasi”. Skripsi: Universitas Diponegoro, Semarang, 2010.

Foster, George, 1987.”Financial Statement Analysis. Prentice Hall International. Inc.

Fitri Astanti,”Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Peringkat obligasi Pada Perusahaan PT.PEFINDO, Skripsi: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2014.

Hadiasman Ibrahim, “Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Peringkat Obligasi, Ukuran Perusahaan dan DER Terhadap Yield to Maturity Obligasi Korporasi Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal: Universitas Diponegoro, Semarang, 2008.

Heny,”Pengaruh Faktor Akuntansi Terhadap Prediksi Peringkat obligasi”,Jurnal: Universitas Tarumanegara, Jakarta.

Harahap, Sofyan Safitri. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT.Grafindo. 2007.

Huda, Nurul & Nasution, Mustafa Edwin. Investasi Pada Pasar Modal, Jakarta: Kencana, 2008.

Hafiz Rahmaputra dan Irni Yunita, “Pengaruh Rasio Aktivitas, Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas Terhadap Peringkat obligasi Pada Perusahaan Properti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013, Jurnal:Vol.2, No.3, 2015.

Irham Fahmi (2015), Pengantar Manajemen Keuangan: Teori dan Soal Jawab, Edisi Empat, Bandung, Alfabeta.

John J. Wild, “Analisis Laporan Keuangan.” Financial Statement Anallysis, Salemba Empat, 2010.

Kasmir (2015), Analisis Laporan Keuangan, Jakarta, Rajawali Pers.

Kasmir (2012), Analisis Laporan Keuangan, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Keown et al. (2008). Manajemen Keuangan: Prinsip dan Penerapan. Edisi Kesepuluh Jilid 1. Jakarta

Maylia Pramono Sari,”Kemampuan Rasio Keuangan Sebagai Alat Untuk Memprediksi Peringkat obligasi”,Jurnal: Universitas Negeri Semarang,2007.

Manurung, Silitonga & Tobing.”Hubungan Rasio-rasio Keuangan Dengan Rating Obligasi.Jurnal, 2008.

Nasarudin, Irsan. Aspek Hukum Pasar Modal Indonesia. Jakarta : Kencana. 2008.

Purwaningsih, Anna, “Pemilihan Rasio Keuangan Terbaik Untuk Memprediksi Peringkat obligasi: Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI”.Jurnal:KINERJA, Volume 12, No.1, Th. 2008.

PEFINDO, 2018.”Indonesian Rating Highlight”. Pefindo Credit Rating.

Raharja dan Sari 2008, “Perbandingan Alat Analisis (Deskriminan & Regresi Peringkat Obligasi (PT PEFINDO).” Jurnal Maksi Vol.8, No. 1, h.87-104.

Rahardjo, Sapto. 2003. Panduan Investasi Obligasi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Jakarta.

RirisTesalonika Sitompul,”Kemampuan Rasio Keuangan Sebagai Alat Untuk Memprediksi Peringkat obligasi Pada Perusahaan Manufaktur di BEI, Jurnal: Universitas Lampung, Bandar Lampung, 2014.

Ramadhan, A C. (2013). Analisis Kemampuan Rasio Keuangan dalam Memprediksi Peringkat Obligasi Perusahaan Non Jasa Keuangan yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ratih Umroh Mahfudhoh, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat obligasi”, Skripsi: Universitas Diponegoro, Semarang, 2014.

Susana Aprilia, “ Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Peringkat Obligasi”. Skripsi : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN), Jakarta, 2011.

Siti Chaerunisa Prastiani,”Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Peringkat obligasi Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI”, Jurnal: Universitas Esa Unggul, 2018.

www.sahamok.com (Diakses 13 Desember 2017)

www.idx.co.id (Diakses 15 Desember 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.