ANALISIS PENGARUH LIKUDITAS DAN STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN AKUISITOR SEBELUM DAN SETELAH AKUISISI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Properti yang Terdaftar di BEI)

Indira Khairunissa Budiwati, Yohanes Indrayono, Agung Fajar Ilmiyono, Rahmat Saleh

Abstract


Nilai perusahaan merupakan poin penting bagi perusahaan, dan tingginya nilai perusahaan menjadi tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Banyak cara yang dilakukan direksi untuk meningkatkan nilai perusahaan, salah satunya adalah dengan melakukan akuisisi. Kombinasi bisnis yang dilakukan dengan jalan akuisisi seharusnya dapat menciptakan sinergi finansial dan meningkatkan likuiditas, aset-aset serta modal perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan current ratio dan debt to equity ratio sebelum dan setelah akuisisi, serta untuk mengetahui pengaruhnya terhadap price to book value sebelum dan setelah akuisisi. Metode analisis yang digunakan adalah uji sampel t berpasangan dan regresi linear berganda. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pada variabel CR dan DER sebelum dan setelah akuisisi. Pada periode sebelum akuisisi, secara parsial CR berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap PBV, sedangkan DER berpengaruh positif dan signifikan terhadap PBV. Pada periode setelah akuisisi, secara parsial CR berpengaruh positif tidak signifikan terhadap PBV, sedangkan DER berpengaruh positif dan signifikan terhadap PBV. Hasil pengujian secara simultan pada periode sebelum akuisisi, CR dan DER secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap PBV, sementara pada periode setelah akuisisi, CR dan DER secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap PBV.

Kata Kunci: Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Price to Book Value, dan Akuisisi


Full Text:

PDF

References


Aditya, A. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan Dividen dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara.

Aisyah, R. (2015). Pengaruh Likuiditas dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Kasus pada Perusahaan Pertambangan Logam dan Mineral yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013). Jurnal. Universitas Komputer Indonesia.

Arif (2015). Pengaruh Struktur Modal, Return on Equity, Likuiditas, dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Brigham dan Houston. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.

Carl S. Warren, J. M. (2008). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Dianah, T. (2017). Analisis Dampak Keputusan Akuisisi Terhadap Perubahan Kinerja Keuangan Perusahaan Pengakuisisi (Studi Kasus Pada PT Jasa Marga (Persero) Tbk). Jurnal Online Mahasiswa Vol. 2, No. 2, Fakultas Ekonomi. Universitas Pakuan.

Fadhli, M. (2015). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Perbankan, Asuransi & Lembaga Keuangan Lainnya di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013. Jom FEKON Vol. 2 No. 2. Riau University.

Fahlevi A. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Merger dan Akuisisi. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Fitri, et al. (2017). Pengaruh Current Ratio dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2016). Prosiding Akuntansi Gel. 2. Universitas Islam Bandung.

Hanyah, S. (2017). Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan: Studi Kasus pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016. Jurnal Manajemen. Fakultas Ekonomi. UIN Sunan Gunung Djati.

Haryati, et al. (2015). Analisis Struktur Modal Perusahaan Akuisitor Sebelum dan Setelah Melakukan Akuisisi Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan. Jurnal. Universitas Trunojoyo Madura.

Himawan, F. (2007). Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Dividend Yield (DY) Terhadap Harga Saham Perusahaan Pengakuisisi yang Terdaftar pada Bursa Efek Jakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Husnan, S. (2013). Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan. Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2018. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan.

Jantana, I. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, DAN Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Sub-Sektor Rokok di BEI. Digital Repository. Universitas Lampung.

Keown, Arthur J., John D. Martin, J. William Petty dan David F. Scott (2011). Manajemen Keuangan: Prinsip dan Penerapan. Edisi Sepuluh, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks

Kieso, D. E, Weygandt, J.J dan Warfield, T. D. (2008). Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.

Maryati, D. (2017). Pengaruh Struktur Modal dan Struktur Aktiva terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2013-2015). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. IAIN Surakarta.

Misran, M. dan Chabachib, M. (2017). Analisis Pengaruh DER, CR, dan TATO Terhadap PBV dengan ROA sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar pada BEI Tahun 2011-2014). E-Journal of Management Vol. 6, No. 1. Universitas Diponegoro.

Moin A. (2004). Merger, Akuisisi, dan Divestasi. Edisi Kedua. Yogyakarta: Ekonisia.

Munawir. (2001). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Praftiwi, A. (2016). Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Qodir, et al. (2016). Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Vol. 10, No. 2. Universitas Slamet Riyadi.

Sartono A. (2001). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Syukur, M. dan Fitri, F. (2016). The Impact of Acquisition on Acquirer Companies’ Financial Performance. E-Journal Business Management and Economics, Vol. 4 (8), pp. 96-99.

Tarigan, J.(2016). Merger dan Akuisisi dari Perspektif Strategis dan Kondisi (Pendekatan Konsep dan Studi Kasus). Edisi Pertama. Yogyakarta: Ekuilibria.

Van Horne, James C. dan Wachowicz, Jr., John M. (2007). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Buku 2. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Weston, J. F. dan Copeland, T. E. (1997). Manajemen Keuangan. Jakarta: Binarupa Aksara

_____, dan _____. (2010). Manajemen Keuangan Jilid II. Jakarta: Binarupa Aksara

Wijaya, I. dan Purnawati, K. (2014). Pengaruh Likuiditas dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Dimoderasi oleh Kebijakan Dividen. Jurnal. Universitas Udayana.

Yuliana, et al. (2013). Pengaruh Struktur Modal dan Return on Equity (ROE) Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Pertanian di Bursa Efek Indonesia (Perusahaan yang Terdaftar di BEI). Jurnal. STIE MDP.

Hasanah, F. (2017). Pefindo Sematkan Outlook Negatif 3 Emiten Properti. Investasi.kontan.co.id. Tersedia di: https://investasi.kontan.co.id/news/pefindo-sematkan-outlook-negatif-3-emiten-properti [Diakses 1 Agustus 2018]

www.idx.co.id / web.idx.id

www.kppu.go.id

www.pefindo.com

www.sahamok.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.